Comscore Tracker

Langka! Perempuan Mali Lahirkan Bayi Kembar 9

Bayi yang dilahirkan lima perempuan dan empat lelaki 

Rabat, IDN Times - Seorang perempuan dari negara Mali yang bernama Halima Cisse melahirkan kembar sembilan atau dalam istilah medisnya Nonuplet pada hari Selasa (4/5). Halima Cisse baru berusia 25 tahun dan jumlah sembilan bayi itu sebelumnya hanya terdeteksi tujuh oleh dokter yang memeriksanya dengan ultrasonografi di Mali.

Kabar langka dari Halima Cisse itu telah mempesona banyak perempuan Afrika Barat. Kementrian Kesehatan Mali mengkonfirmasi kelahiran Nonuplet tersebut dan sebelumnya telah meminta Halima Cisse untuk dioperasi di sebuah rumah sakit di Maroko dengan perawatan spesialis.

1. Bayi yang dilahirkan lima perempuan dan empat lelaki

Kelahiran Nonuplet atau kembar sembilan sangat jarang terjadi di dunia. Kelahiran kembar sembilan hanya terjadi di sebagian kecil perempuan. Bahkan sejauh ini yang sempat tercatat, hanya ada tiga perempuan di dunia yang melahirkan bayi sembilan sekaligus, termasuk Halima Cisse.

Melansir dari laman The Guardian, sembilan bayi yang dilahirkan oleh Halima Cisse tersebut terdiri dari lima perempuan dan empat lelaki. Pada bulan Maret, dokter yang memeriksa kehamilan Halima Cisse mengatakan bahwa perempuan tersebut perlu perawatan medis spesialis.

Presiden sementara Mali yang bernama Bah N'daw, langsung memberitahukan untuk mengirim Halima Cisse ke Maroko agar bisa mendapatkan pelayanan medis yang tepat karena mengganggap negara tetangganya jauh memiliki fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

Menurut Fanta Siby, Menteri Kesehatan Mali, “ibu dan bayinya sejauh ini baik-baik saja,” katanya. Halima Cisse dikirim ke Maroko bersama dokter spesialis yang sebelumnya telah memeriksanya.

2. Para dokter mengkhawatirkan kesehatan sang ibu dan bayi

Baca Juga: 10 Potret Purwa Kembar, Triplets Kembar Tiga yang Viral di TikTok

Meskipun kelahiran Nonuplet itu menjadi kabar yang membahagiakan sekaligus mengejutkan, akan tetapi menurut AFP, para dokter sebenarnya mengkhawatirkan kesehatan baik itu ibu yang melahirkan atau bayi yang dilahirkan.

Kelahiran Nonuplet sangat jarang terjadi dan biasanya beberapa bayi yang lahir tidak akan bisa bertahan lama. Kesehatan ibu sang bayi yang melahirkan juga perlu dipantau terus-menerus.

Fanta Siby, Menteri Kesehatan Mali yang memberitahukan bahwa Halima Cisse dan bayinya sejauh ini dalam kondisi baik-baik saja, mengatakan dalam beberapa minggu ke depan akan bisa segera dipulangkan ke Mali, tepatnya di Timbuktu tempatnya tinggal.

Juru bicara kementerian kesehatan Maroko sendiri, yakni Rachid Koudhari mengatakan dia tidak mengetahui bahwa kelahiran kembar sembilan itu terjadi di salah satu rumah sakit di negaranya. Kabar Halima Cisse segera viral dan diperbincangkan oleh banyak orang.

3. Dua perempuan lain yang melahirkan Nonuplet

Langka! Perempuan Mali Lahirkan Bayi Kembar 9Ilustrasi (Pexels.com/William Fortunato)

Halima Cisse telah menghabiskan selama berminggu-minggu menginap di rumah sakit sebelum akhirnya melahirkan bayi kembar sembilan. Cisse menghabiskan dua minggu di Rumah Sakit Point G di Bamako, ibu kota Mali. Kemudian atas campur tangan Presiden sementara Bah N'Daw, dia dipindahkan ke Maroko, di klinik swasta Ain Borja di Casablanca pada 20 Maret

Menurut Daily Mail, Halima Cisse menghabiskan lebih dari enam minggu di rumah sakit Ain Borja, Maroko, sebelum akhirnya melahirkan pada Selasa (4/5). Kelahiran Nonuplet Halima Cisse itu dilakukan secara cesar.

Sebelum Halima Cisse, ada dua perempuan sebelumnya yang melahirkan Nonuplet. Mereka adalah Geraldine Brodrick dari Sydney, Australia pada tahun 1971 dan Zurina Mat Saad dari Malaysia pada tahun 1999.

Semua bayi Geraldine Brodrick meninggal. Sembilan bayi dari Surina Mar Saad juga hanya mampu bertahan selama enam jam setelah dilahirkan. 

Pada tahun 2012 lalu, pernah ada kabar perempuan dari Meksiko yang melahirkan kembar sembilan bernama Karla Vanessa Perez. Namun kabar tersebut setelah diselidiki rupanya keliru dan Karla Vanessa Perez tidak pernah melahirkan Nonuplet.

Jika Halima Cisse dan bayi kembar sembilannya dapat bertahan, maka dia akan memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Nadya Suleman. Nadya Suleman terkenal sebagai Octomom karena ia melahirkan bayi kembar delapan (Octuplet) di California, Amerika Serikat pada 2009. Semua bayinya dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Dari TikTok ke Sinetron, Ini 10 Momen Kompak si Kembar Maira dan Naura

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya