Comscore Tracker

Pelanggan Amazon Mengeluh, Beli PlayStation 5 Dikirimi Barang Lain 

Situs Walmart ‘crash’ gara-gara pembeli PS 5 

London, IDN Times – Hadirnya konsol terbaru PlayStation 5 (PS5) menjadi topik keunikan tersendiri ketika dunia diterpa wabah pandemi virus corona. Ketika PS5 itu mulai dirilis, banyak outlet yang dipenuhi pembeli. Pasar elektronik juga mendapati penjualan meningkat terkait pesanan PS 5. Selain itu, perusahaan kurir juga merasa kewalahan.

PS 5 produksi Sony yang diluncurkan di Inggris pada Kamis, 19 November 2020, menyebabkan kemacetan di website resmi yang dedikasikan untuk rilis daring. Peluncurannya juga terhitung fenomenal karena antrian virtual mencapai puluhan ribu calon pembeli dan Amazon sendiri mengalami masalah situs terkait beban lalu lintas yang sangat tinggi.

Sekian masalah muncul ketika PS 5 diluncurkan di Inggris, dari mulai rilis virtual, hingga antrean pembelian yang membuat banyak pelanggan kecewa karena tidak berhasil mendapatkannya. Selain itu, masalah lain muncul terkait pelanggan yang sudah membeli PS 5 tapi yang dikirim adalah barang lain.

1. Kekecewaan pembeli dan kemarahan yang diluapkan di sosial media

Pelanggan Amazon Mengeluh, Beli PlayStation 5 Dikirimi Barang Lain Banyak pembeli PS 5 yang marah dan meluapkan di sosmed karena kehabisan stok. Ilustrasi (instagram.com/allgenerationgaming)

Berbagai keluhan dari pembeli meluap di sosial media. Karena beban lalu lintas situs yang tinggi, gangguan terjadi di situs dan penjualan sempat tertunda, khususnya di situs Currys. Awalnya penjualan dijadwalkan pukul sembilan pagi kemudian dipindahkan ke jam 11 pagi. Namun setelah itu diinformasikan bahwa barang sudah habis. 

Pelanggan marah bukan main karena menunggu satu jam hanya untuk melihat informasi bahwa barang sudah terjual habis. Melansir dari laman berita The Guardian, stok yang dijual pada pra-pesan di situs Game, Currys, John Lewis dan Argos juga laris manis terjual habis pada Kamis, pagi hari pukul 10.10 (19/11).

Sedangkan di pihak Amazon, ia mendapatkan banyak kritik kemarahan dari pembeli karena menolak untuk menekan para calo di platformnya. Para calo telah membeli PS 5 lalu dalam waktu yang dekat dijual lagi bahkan dengan harga yang melambung. Awalnya hanya sekitar 450 poundsterling atau sekitar Rp 8,4 juta. Tapi di Ebay, ada yang menjualnya hingga 2.000 poundsterling atau Rp 37,6 juta.

2. Belinya PS 5 tapi dikirimnya beras

Pelanggan Amazon Mengeluh, Beli PlayStation 5 Dikirimi Barang Lain Pembeli PS 5 kecewa dengan Amazon karena dikirimi beras dan bukan PS 5. Ilustrasi (unsplash.com/Pierre Bamin)

Masalah lain kemudian muncul. Para pembeli PlayStation 5 di Amazon Inggris tidak menerima barang yang diinginkan tetapi justru barang yang lain. Beberapa pelanggan bahkan memberikan informasi bahwa ada notifikasi barang sudah diterima padahal sebenarnya barang tidak pernah sampai ke pembeli tersebut.

Beberapa pembeli yang kecewa meluapkan kekecewaannya di sosial media dan menunjukkan barang yang dikirm bukan PS 5 tetapi barang yang berbeda dari yang dipesan. Laman berita The Guardian melaporkan ada pembeli yang di dalam kotaknya terdapat sekantung beras. Ada juga pembeli yang di dalam kotaknya terdapat panggangan dan bukannya PS 5. Pembeli lain jauh lebih apes karena di dalam kotaknya berisi makanan kucing (20/11).

Pihak Amazon sedang melakukan penyelidikan, menganggap ada yang mencuri di tengah jalan kteika barang dikirim dan si pencuri menukarnya dengan barang lain. “Kami sangat menyesal dan sedang menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi. Kami menjangkau setiap pelanggan yang memiliki masalah dan membuat kami sadar sehingga kami dapat memperbaikinya”, kata seorang juru bicara Amazon.

Baca Juga: 10 Info Terbesar dari PlayStation 5, Harga Resminya Rp7 Jutaan!

3. Situs Walmart “hancur” diserbu pelanggan PS 5

Pelanggan Amazon Mengeluh, Beli PlayStation 5 Dikirimi Barang Lain Situs Walmart 'crash' karena terlalu banyak diserbu pembeli PS 5. Ilustrasi (pexels.com/pixabay)

Sony, sejak beberapa bulan yang lalu telah merancang penjualan non tradisional karena adanya wabah virus corona. Oleh sebab itu, Sony bekerja sama dengan beberapa pengecer agar pelanggan memesan PS 5 jauh-jauh hari sebelum dirilis. Namun Walmart, salah satu pengecer, membuat sistem siapa cepat dia dapat.

Melansir dari laman Business Insider, Walmart terhuyung-huyung karena diserbu para penggila PS 5 (20/11). Situs Walmart bahkan ‘crash’ pada Kamis siang hari karena tidak mampu menampung banyaknya pembeli yang melakukan pembelian dalam satu waktu. Ketika Walmart kembali bisa beroperasi pada pukul tiga sore hari, Walmart kembali ‘crash’ karena diserbu peminat PS 5. 

Tidak jelas berapa banyak PS 5 yang diberikan Sony kepada Walmart, namun berapapun itu jumlahnya jelas tidak cukup untuk semua orang yang sedang menginginkannya. PS 5 di Walmart terjual habis hanya dalam waktu kurang dari 15 menit saja.

Baca Juga: 10 Info Terbesar dari PlayStation 5, Harga Resminya Rp7 Jutaan!

Pri - Photo Verified Writer Pri -

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya