Comscore Tracker

Pesawat Pemadam Kebakaran Jatuh di Yunani, Pilot Selamat

Lebih dari 2.000 penduduk Yunani mengungsi karena kebakaran

Athena, IDN Times - Dalam beberapa pekan terakhir, Eropa selatan menghadapi gelombang kebakaran hutan yang dahsyat. Beberapa negara yang saat ini masih berjibaku memadamkan api adalah Siprus, Turki, Spanyol dan Yunani.

Di Yunani, pihak berwenang sedang mencoba memadamkan api yang membakar pulau Evia yang terletak di sebelah timur ibukota Athena. Belasan pesawat pemadam kebakaran telah dikerahkan tapi api belum dapat dikendalikan.

Di pulau Zakynthos, sekitar 300 kilometer sebelah barat Athena, kebakaran lain telah dilaporkan muncul. Sebuah pesawat pemadam kebakaran di kirim ke pulau tersebut. Namun dalam perjalanan, pesawat itu jatuh.

1. Sebanyak 17 pesawat pemadam kebakaran dikerahkan, lebih dari 2.000 penduduk mengungsi

Pesawat Pemadam Kebakaran Jatuh di Yunani, Pilot SelamatFotografer Marios Lolos memotret perjuangan Katerina Ioannidou, seorang sukarelawan perempuan pemadam kebakaran Yunani yang telah berjuang habis-habisan memadamkan api. (Twitter.com/lolosmarios)

Pemerintah Yunani telah disibukkan dengan kebakaran hutan yang menggila dalam beberapa pekan. Gelombang panas yang menerpa wilayah Eropa selatan juga mengirimkan suhu di atas 45 derajat celcius, tertinggi selama tiga puluh tahun terakhir.

Kondisi kering dan angin kencang telah memicu kebakaran meluas secara cepat. Bahkan kebakaran di Peloponnese barat, telah mengancam situs arkeologi Olimpiade yang bersejarah, tempat cikal bakal pagelaran Olimpiade yang saat ini digelar di Tokyo.

Kebakaran di Peloponnese barat, saat ini api sudah mampu dikendalikan. Namun di Evia, pulau terbesar ke dua di Yunani, api telah membesar di bagian utara dan selatan pulau.

Melansir laman The Guardian, sebanyak 17 pesawat pemadam kebakaran dan helikopter beraksi di pulau itu. Pada hari Minggu (8/8), "kami menghadapi malam yang sulit lagi, malam yang sulit lagi,” kata wakil menteri perlindungan sipil Yunani, Nikos Hardalias.

Tim penyelamat dari penjaga pantai Yunani telah mengevakuasi lebih dari 2.000 penduduk, termasuk di antaranya sebanyak 349 warga dari hutan lebat pulau Evia yang kini terancam hangus menjadi arang dan abu pada Minggu pagi.

Pada malam harinya, tim penyelamat kembali mengevakuasi 23 orang lagi ketika penjaga pantai sedang berpatroli. Penjaga pantai Yunani mengatakan tiga kapal patroli, empat kapal angkatan laut, satu feri, dua kapal wisata ditambah kapal nelayan dan kapal pribadi siap untuk mengevakuasi lebih banyak orang dari desa-desa di pulau Evia tersebut. 

2. Pesawat pemadam kebakaran jatuh di pulau Zakynthos

Baca Juga: Dilanda Kebakaran Hutan, PM Yunani Angkat Suara

“Pada Minggu sore, 8 Agustus 2021, sebuah pesawat PZL dari Ladder of the 359 Air Service Squadron of Public Services di Kefalonia, jatuh saat melakukan pemadaman kebakaran udara di kawasan Macherado, Zakynthos. Pilot dalam keadaan sehat, sementara helikopter Super Puma mengangkutnya, untuk alasan pencegahan, ke Rumah Sakit Penerbangan Umum ke-251. Penyebab kecelakaan sedang diselidiki.”

Informasi tersebut dikeluarkan oleh Staf Umum Departemen Penerbangan yang dilansir Greek Reporter. Insiden kecelakaan itu menambah daftar perjuangan habis-habisan yang dilakukan oleh ribuan personel pemadam kebakaran Yunani untuk memadamkan api.

Api telah muncul di pulau Zakynthos yang terletak sekitar 300 kilometer sebelah barat ibukota Athena. Pesawat pemadam kebakaran yang mengalami kecelakaan itu dikirim untuk ikut membantu memadamkan api.

Meski begitu, skala api di pulau Zakynthos jauh lebih kecil jika dibandingan dengan pulau Evia. Setidaknya 24 petugas pemadam kebakaran dengan 7 kendaraan saat ini bekerja di Zakynthos tersebut.

3. Bantuan dari negeri sahabat untuk Yunani

Total Yunani menghadapi 154 kebakaran di seluru negeri akhir pekan lalu. Dari semua kebakaran tersebut, paling besar dan parah adalah di pinggiran ibukota Yunani yang telah merusak ratusan rumah, kemudian kebakaran di pulau Evia yang melahap petak-petak hutan pinus dan saat ini masih membara, juga di Peloponnese yang kini api sudah mulai dapat dikendalikan.

Melansir laman Deutsche Welle, lebih dari 570 petugas pemadam kebakaran saat ini berjuang melawan kobaran api di pulau Evia. Negara-negara blok EU dan non-UE telah ramai-ramai membantu Yunani. Beberapa di antara mereka adalah Slovakia, Rumania, Ukraina, Prancis, Swiss, Spanyol, Mesir dan Israel. Peralatan pesawat pemadam mulai dikirim dari negara-negara tersebut.

Jerman yang bersimpati juga telah bersiap mengirim lebih dari 200 personel pemadam kebakaran. 

Beberapa penduduk pulau Evia mengatakan kecewa dan marah dengan tindakan pemerintah karena membiarkan wilayah mereka terbakar. Tapi Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis telah berkali-kali mengatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa prioritasnya "adalah menyelamatkan nyawa, bukan properti atau hutan," katanya seperti dikutip Al Jazeera.

Baca Juga: PM Yunani Tak Mau Lagi Tutup Negara karena COVID-19

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya