Comscore Tracker

Pidato di Parlemen Ukraina, Presiden Polandia: Rusia Pasti Akan Kalah!

Presiden Polandia juga sambut pengungsi Ukraina bak tamu

Jakarta, IDN Times - Presiden Polandia, Andrzej Duda, secara mendadak mengunjungi ibu kota Ukraina, Kiev, pada Minggu (22/5/2022). Dia juga mendapat kesempatan untuk memberikan pidato di depan parlemen Ukraina.

Polandia adalah negara tetangga Ukraina. Selama invasi Rusia, Polandia dan para pemimpinnya telah berdiri dengan sangat mencolok mendukung Ukraina. Polandia telah menjadi tempat terbanyak pengungsi Ukraina, serta menjadi pos terdepan untuk mengirim bantuan senjata ke Kiev.

Duda menjadi pemimpin asing pertama yang berpidato di parlemen Ukraina. Dia memuji negara tetangganya itu yang telah sukses mempertahankan diri dan demokrasi dari kehancuran yang dilakukan oleh pasukan Moskow.

1. Presiden Polandia yakin Rusia tidak bisa kalahkan Ukraina

Presiden Duda memberikan pidato di hadapan Verkhovna Rada, legislator di Dewan Tertinggi Ukraina. Dia menjadi pemimpin asing pertama yang melakukan hal itu.

"Meskipun (Ukraina mengalami) kehancuran besar, terlepas dari kejahatan (Rusia) yang mengerikan, penderitaan besar yang dialami bangsa Ukraina setiap hari, penjajah Rusia tidak (bisa) menghancurkan Anda, mereka tidak berhasil melakukannya dan saya sangat percaya bahwa mereka tidak akan pernah berhasil," kata Duda dikutip Al Jazeera.

Duda juga melontarkan kritik kepada pihak-pihak yang mendesak Ukraina untuk membuat konsesi demi mengakhiri perang dengan Rusia.

"Hanya Ukraina yang memiliki hak untuk memutuskan tentang masa depannya," tegasnya, dilansir Politico.

Baca Juga: Vladimir Putin Dituduh Rekrut Ahli Bom Suriah untuk Hancurkan Ukraina

2. Andrzej Duda anggap pengungsi Ukraina sebagai tamu

Invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari langsung berdampak pada Polandia. Negara di sebelah barat Ukraina itu menjadi tujuan utama para pengungsi. Saat ini sekitar 3,5 juta pengungsi Ukraina berlindung di Polandia.

Dalam pidatonya, Presiden Duda mengatakan bahwa rakyat yang berlindung ke Polandia dianggap bukan sebagai pengungsi.

"Anda adalah tamu kami," katanya, dikutip dari Deutsche Welle.

Polandia telah memberikan hak tinggal serta bekerja, dan mengklaim pembayaran jaminan sosial kepada rakyat Ukraina yang berada di dalam negara tersebut sejak invasi Rusia yang telah menewaskan puluhan ribu orang.

Duda juga mengatakan, negeranya akan melakukan upaya apapun agar Ukraina bisa bergabung dengan Uni Eropa.

3. Zelenskyy janjikan hak yang sama bagi warga Polandia di Ukraina

Pidato di Parlemen Ukraina, Presiden Polandia: Rusia Pasti Akan Kalah!Andrzej Duda dan Volodymyr Zelenskyy (Instagram.com/prezydent_pl)

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyebut pidato Presiden Andrez Duda sebagai momen bersejatah. Dia juga mengatakan bahwa hubungan kuat Polandia-Ukraina telah dibangun melalui darah dan agresi Rusia.

Dikutip dari Reuters, Zelenskyy berjanji memberikan timbal balik serupa kepada warga Polandia di Ukraina.

Seorang anggota parlemen partai penguasa Ukraina, yang tidak menyebutkan namanya, menjelaskan bahwa Presiden Zelenskyy telah mengumumkan untuk mengajukan rancangan undang-undang guna memberi status hukum khusus bagi warga Polandia di Ukraina.

Baca Juga: Batalion Azov: Milisi Neo-Nazi yang Diangkat Jadi Militer Ukraina 

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya