Comscore Tracker

Puluhan Anjing Mati Keracunan, Produk Makanan Hewan Ditarik

Produk mengadung racun aflatoksin

Washington, IDN Times – Beberapa produk makanan hewan ditarik kembali dari pasaran setelah puluhan anjing dilaporkan mati di Amerika Serikat. Namun angka pasti dari kematian anjing tersebut hanyalah perkiraan dan oleh pihak berwenang, kira-kira 70 anjing yang mati. Selain itu 80 anjing lainnya menderita penyakit.

Produk yang ditarik ada beragam jenis, namun semuanya didominasi oleh satu produsen saja. Awalnya penarikan dilakukan pada akhir tahun 2020 karena mengandung racun. Tapi kini, penarikan produk dari pasaran diperluas ke produk-produk lain yang memiliki bahan serupa dengan produk sebelumnya.

1. Dibuat di pabrik manufaktur Oklahoma

Puluhan Anjing Mati Keracunan, Produk Makanan Hewan DitarikManufaktur pembuat produk ternak yang beracun, pabriknya berada di Oklahoma. Ilustrasi (pexels.com/Pixabay)

Bihak berwenang Amerika Serikat yang mengurusi bagian makanan dan obat-obatan, FDA, telah memperingatkan para pemilik hewan dan para profesional tentang tingginya tingkat zat aflatoksin yang dihasilkan dari fungi Aspergillus flavus dalam produk makanan hewan. Zat tersebut telah membuat puluhan anjing mati karena keracunan.

Produk yang mengandung aflatoksin dibuat di pabrik manufaktur di Oklahoma. Melansir dari laman berita CNN, produk yang beredar mengandung aflatoksin diproduksi oleh Midwestern Pet Foods dan memiliki produk dengan merek Sportmix. 

Produk yang terdampak penarikan kembali dari pasaran adalah yang memiliki tanggal kedaluwarsa pada atau sebelum 9 Juli 2022. Tanda lainnya adalah kemasan terdapat “05” pada kode tanggal atau kode lotnya. Kode lot ini adalah kode kuantitas barang yang diproduksi pada periode tertentu.

2. Aflatoksin dari jagung

Puluhan Anjing Mati Keracunan, Produk Makanan Hewan DitarikRacun aflatoksin dapat muncul dari bijian pakan ternak seperti jagung. Ilustrasi (pexels.com/Mali Maeder)

Produsen Midwestern Pet Foods memiliki kantor pusat di Evansville, Indianda, Amerika Serikat. Pada bulan Desember 2020, perusahaan telah menarik produk dibawah merek Sportmix setelah setidaknya ada laporan kematian binatang peliharaan, khususnya anjing yang mati berjumlah 28 ekor. 

Melansir dari laman CBS News, Departemen Pertanian Missouri telah melakukan sejumlah tes penyelidikan dan menemukan bahwa beberapa produk dibawah merek Sportmix mengandung aflatoksin tingkat tinggi dan hal tersebut dapat berakibat sangat fatal untuk hewan perliharaan.

Aflatoksin adalah racun yang dihasilkan dari fungi Aspergillus flavus. Dalam keterangannya, FDA menjelaskan bahwa fungi tersebut tumbuh di biji-bijian yang digunakan sebagai bahan makanan ternak seperti jagung. Jika aflatoksin ini dikonsumsi dalam tingkat tinggi maka dapat menyebabkan beragam penyakit dan kematian pada hewan.

FDA memberikan peringatan kepada semua pemilik hewan ternak untuk memperhatikan produk makanan ternak mereka, khususnya yang memiliki merek Sportmix. Peringatan tersebut bertujuan untuk memberitahu publik tentang tingkat aflatoksin yang berpotensi fatal produksi Midwestern Pet Food yang mungkin masih ada di rak toko, toko daring atau di rumah pemilik hewan.

Baca Juga: Diduga Keracunan Kotoran Kelelawar, Dua Warga Bojonegoro Pingsan

3. Puluhan jenis produk yang ditarik dari pasaran

Puluhan Anjing Mati Keracunan, Produk Makanan Hewan DitarikProduk pakan ternak yang ditarik kembali dari pasaran karena beracun. (twitter.com/Animal Medical Center)

Awalnya, penarikan makanan hewan ini dilakukan pada akhir tahun, tanggal 30 Desember 2020. Midwestern menarik produknya yakni Sportmix Energy Plus, Sportmix Premium High Energy, dan Sportmix Original Cat. Dari tiga jenis Sportmix tersebut, ada sembilan varian yang ditarik dari pasaran.

Perusahaan kemudian memperluas penarikan produk pada 11 Januari 2021, yang dipastikan mengandung bahan serupa dari produk yang ditarik sebelumnya. Melansir dari Abc News, produk lain yang ditarik adalah Pro Pac Adult Mini Chunk, Pro Pac Performance Puppy, Spalsh Fat Cat 32%, Nunn Better Maintenance, Sportmix Maintenance dan Sportmix High Protein.

Namun kemudian lebih banyak produk yang ikut ditarik dari pasaran yakni Sportmix Stamina, Sportmix Bite Size, dan Sportmix Premium Puppy. Para pemilik hewan yang mempunyai produk makanan tersebut harus menghubungi perusahaan untuk instruksi lebih lanjut.

Ada juga solusi lain yang ditawarkan yakni membuang produk tapi ke tempat yang tidak dapat diakses anak-anak, hewan peliharaan dan satwa liar. Pihak FDA sendiri saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut di fasilitas manufaktur Midwestern yang berada di Oklahoma.

Dari situs resmi FDA, lembaga tersebut memberitahukan beberapa gejala akibat keracunan aflatoksin seperti lesu, kehilangan nafsu makan, muntah, penyakit kuning (warna kekuningan pada mata akibat kelainan fungsi hati) dan diare. Kadang kerusakan hati hewan peliharan bisa terjadi dan tanpa memperlihatkan gejala apapun.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Ini Sering Jadi Penyebab Keracunan

Pri - Photo Verified Writer Pri -

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya