Comscore Tracker

Rusia Klaim Uji Laser Ajaib di Ukraina: Hancurkan Drone dalam 5 Detik

Zelenskyy ejek klaim senjata baru Rusia

Jakarta, IDN Times - Rusia mengklaim sedang menggunakan senjata laser generasi baru saat berperang di Ukraina. Senjata itu digunakan untuk melawan banjir senjata bantuan dari Barat ke Kiev.

Namun, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengejek klaim tersebut. Menurutnya, Rusia telah gagal dalam rencana invasi dan membuat propaganda senjata ajaib seperti yang dilakukan Nazi Jerman ketika akan kalah dalam Perang Dunia II.

1. Senjata laser Rusia diklaim mampu hancurkan drone

Rusia Klaim Uji Laser Ajaib di Ukraina: Hancurkan Drone dalam 5 Detikilustrasi ranpur Rusia (Twitter.com/Минобороны России)

Senjata laser generasi baru tersebut dinamakan Zadira. Senjata itu disebut mampu melakukan penghancuran secara termal dengan membakar pesawat nirawak milik musuh.

Rusia sebelumnya pernah mengaku telah membangun senjata laser bernama Peresvet, yang dapat digunakan untuk membutakan satelit hingga 1.500 kilometer di atas bumi.

"Jika Peresvet membutakan, maka senjata laser generasi baru mengarah pada penghancuran fisik target, penghancuran termal, mereka terbakar," kata Yury Borisov, wakil perdana menteri yang bertanggung jawab atas pengembangan militer, dikutip dari Reuters.

Borisov mengklaim senjata itu mampu membakar drone sejauh lima kilometer hanya dalam waktu lima detik saja.

Baca Juga: Bantu Ukraina Perangi Rusia, AS Akan Kirim Bantuan Senilai Rp586 T

2. Presiden Zelenskyy mengejek senjata ajaib Rusia

Presiden Zelenskyy mengejek pengungkapan senjata baru Rusia yang diklaim sedang digunakan dalam perang di negaranya. Dalam pidatonya, Zelenskyy menyebut klaim senjata itu mirip dengan apa yang dilakukan oleh Nazi Jerman ketika mendekati kekalahan dalam Perang Dunia II.

Dilansir RFE/RL, Zelenskyy mengatakan para pemimpin Rusia sedang membuat propaganda senjata ajaib, seraya menunjukkan bahwa mereka takut untuk mengakui kekalahannya di Ukraina. 

"Semakin jelas bahwa mereka tidak memiliki peluang dalam perang, semakin banyak propaganda tentang senjata luar biasa yang akan sangat kuat untuk memastikan titik balik," kata Zelenskyy.

3. Senjata laser Rusia yang rahasia

Presiden Rusia, Vladimir Putin, pernah mengungkapkan senjata laser militer negaranya pada 2018 silam yang disebut Peresvet. Dia mengungkapkannya dalam pidato di depan Majelis Federal dan mengklaim senjata itu bukan hanya konsep atau rencana.

"Saya tidak ingin mengungkapkan lebih detail. Ini belum waktunya. Tapi para ahli akan mengerti bahwa dengan persenjataan seperti itu, kapasitas pertahanan Rusia telah berlipat ganda," kata Putin dikutip Global Security.

Senjata laser yang dikembangkan Rusia tersebut adalah sebuah senjata rahasia. Tidak ada rincian tentang bagaimana kemampuan sebenarnya senjata tersebut.

Analis militer veteran Viktor Murakhovsky menjelaskan, "kemungkinan besar, sistem ini menyelesaikan tugas pertahanan udara dan pertahanan rudal."

Direktur Institut Analisis Politik & Militer yang berbasis di Moskow, Alexander Khramchikhin, mengatakan kemungkinan besar senjata laser Rusia dirancang untuk pertahanan udara jarak dekat dan secara khusus untuk menghancurkan drone serta rudal kapal.

Baca Juga: Tentara Rusia Bunuh Pria Ukraina 62 Tahun: Saya Salah, Mohon Dimaafkan

Pri Saja Photo Verified Writer Pri Saja

Petani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya