Comscore Tracker

Tak Pakai Masker, Penumpang Ini Diusir dari Pesawat

Mencegah lebih baik daripada mengobati
Tokyo, IDN Times – Bencana non-alam yang disebabkan oleh Corona viruse disease (COVID-19) telah melanda dunia. Kiprah penyakit satu ini telah memporak-porandakan ekonomi banyak negara. Tak terkecuali negara semodern Jepang.
 
Pencegahan dan pengobatan penderita COVID-19 terus diupayakan secara maksimal sampai vaksin benar-benar dapat digunakan secara masal. Namun, dalam langkah pencegahan tersebut, ada saja orang-orang yang tak menghiraukan aturan-aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
 
Penggunaan masker adalah salah satu ikhtiar penting untuk mencegah COVID-19 menular. Namun, dua penumpang pesawat di Jepang dalam penerbangan yang berbeda, terpaksa diusir dari pesawat karena tak mau memakai masker.

1. Anak perusahaan penerbangan Japan Airlines Co. mengusir penumpang

Tak Pakai Masker, Penumpang Ini Diusir dari PesawatSeorang penumpang terpaksa diusir dari pesawat karena tak mau mengenakan masker di Jepang. Ilustrasi (Unsplash.com/Bna Ignacio)
Penerbangan dengan nomor JL 2890 dari bandara Hakodate menuju pulau Okushiri mengalami insiden. Insiden tersebut melibatkan awak pesawat dan penumpang. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu, 12 September 2020.
 
Seorang penumpang pria yang menolak memakai masker ditanya oleh pramugari mengapa tak mau menggunakan masker. Justru, menurut laman berita Asahi, penumpang pria tersebut malah menjawab, “Saya tidak ingin menjawabnya,” (15/9).
 
Akhirnya kapten penerbangan mengambil tindakan tegas karena menilai penumpang tersebut dapat menyebabkan gangguan yang membahayakan penerbangan. Sang Kapten mengusir penumpang sebelum pesawat lepas landas dari bandara.
 
Perusahaan yang mengoperasikan penerbangan tersebut adalah Hokkaido Air System Co., anak perusahaan Japan Airlines Co. Peristiwa tersebut mengakibatkan penerbangan tertunda selama setengah jam.

2. Peach Aviation, anak perusahaan ANA Holdings Inc. mengusir penumpang 

Tak Pakai Masker, Penumpang Ini Diusir dari PesawatPesawat terpaksa mendarat lagi karena penumpang tak mau memakai masker. Ilustrasi (Unsplash.com/Seb.)
Insiden lainnya terjadi daerah utara Jepang, tepatnya di kota Kushiro pada 7 September 2020. Penerbangan pesawat dari maskapai Peach Aviation rencananya akan lepas landas dari kota Kushiro ke Osaka.
 
Pesawat yang sebenarnya sudah terbang, terpaksa harus mendarat kembali dan disebutkan sebagai “penghentian tak terjadwal.” Seorang penumpang yang menolak menggunakan masker adalah penyebabnya. Malansir dari CNN, akhirnya tindakan tegas dilakukan dan penumpang diusir dari pesawat (15/9).
 
Insiden tersebut menyebabkan penerbangan menuju Osaka tertunda lebih dari dua jam. 
Melansir dari Jakartapost, “Saya khawatir apa yang akan terjadi pada Peach (Aviation), tapi saya tidak menyangka bahwa saya akan diusir (dari pesawat), katanya (15/9). Jepang telah kehilangan 1.464 orang akibat virus corona. Pengetatan aturan dilakukan sebagai tindakan pencegahan agar korban tidak kembali berjatuhan.

3. Kontroversi sekeluarga diusir dari pesawat

Tak Pakai Masker, Penumpang Ini Diusir dari PesawatSatu keluarga diusir dari pesawat oleh kru kabin karena anak kecil tak pakai masker. Ilustrasi (Unsplash.com/Octav Cado)
Pada Agustus bulan lalu, maskapai penerbangan Amerika yang bernama Jetblue mengusir satu keluarga dari pesawat. Rencananya pesawat akan menuju Newark dari Orlando. Keluarga tersebut terdiri dari seorang ibu dan 6 orang anak.
 
Melansir dari ABCNews, “(peristiwa tersebut) sangat membuat saya dan keluarga trauma,” kata Chaya Bruck yang berasal dari Brooklyn (20/8). Bruck menjelaskan bahwa dia telah mencoba memakaikan masker kepada anaknya yang berusia 2 tahun, tapi si anak melepaskannya lagi.
 
Debat panjang terjadi dan kru pesawat mengusirnya. Penumpang lain ikut membela Bruck karena tindakan kru kabin yang berlebihan. Anaknya Bruck masih kecil dan selalu menolak ketika dipakaikan masker meski sudah dicoba berkali-kali.
 
Namun pada akhirnya kru kabin tetap mengusir Chaya Bruck yang berusia 39 tahun bersama 6 anaknya yang sedang berencana melakukan liburan. 

Baca Juga: Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajah

Pri Photo Writer Pri

Suka bermalas-malasan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya