Comscore Tracker

Warga Negara Ganda China-Pakistan Ditembak Mati di Klinik Dokter Gigi

Korban bekerja di klinik yang telah beroperasi 40 tahun

Jakarta, IDN Times - Seorang warga negara ganda China-Pakistan tewas ditembak di klinik dokter gigi di Karachi, kota pelabuhan di Pakistan selatan, pada Rabu (28/9/2022) . Dua orang lainnya yang ada di klinik tersebut mengalami luka-luka.

Klinik itu dikelola oleh salah satu korban. Pelaku menyamar sebagai pasien dan berusia sekitar awal 30-an. Dia kemudian melarikan diri bersama gerombolannya menggunakan sepeda motor.

1. Korban adalah pemilik klinik gigi

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Asad Raza, inspektur senior polisi yang bertanggung jawab di wilayah kejadian itu, tiga korban penembakan berkewarganegaraan ganda China-Pakistan.

Melansir BBC, ketiganya diidentifikasi sebagai Richard Hu, istrinya Margaret Hu, dan asisten bernama Ronald Chou. Korban yang tewas adalah Chou.

Klinik gigi yang berada di kota Karachi itu telah beroperasi selama 40 tahun. Pihak berwenang mengatakan bahwa tersangka tidak melukai warga Pakistan. Sampai saat ini, tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Baca Juga: Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Telah Tiba di Pakistan 

2. Motif serangan tidak diketahui

Serangan dilakukan tepatnya di lingkungan Saddar sekitar pukul 4 sore hari waktu setempat. Pelaku memasuki klinik dokter gigi itu, lalu melepaskan tembakan sekitar 15-20 menit kemudian.

Dokter Hu dan istrinya, melansir Al Jazeera, dilarikan ke Pusat Medis Pascasarjana Jinnah untuk mendapatkan perawatan. Kamera CCTV yang berada di klinik dan toko-toko terdekat telah diambil dalam upaya identifikasi penyerang.

Sejauh ini, tersangka diketahui mengenakan topi merah, celana panjang berwarna biru dan kemeja. Tidak diketahui dengan pasti apa motif tersangka melakukan serangan tersebut.

Pelaku dapat segera melarikan diri dari tempat kejadian dengan bantuan seorang komplotannya yang berada di atas sepeda motor yang diparkir di sudut klinik. Polisi telah menutup area tersebut untuk mencari bukti tambahan.

3. Warga China kerap jadi target sasaran militan separatis

Warga Negara Ganda China-Pakistan Ditembak Mati di Klinik Dokter GigiIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Serangan yang menargetkan warga negara China di Pakistan tidak hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya, beberapa serangan juga telah menargetkan warga China yang bekerja di negara tersebut.

Melansir Reuters, militan separatis Balochistan, dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kelompok yang menargetkan serangan terhadap warga negara China. Bahkan serangan mereka belakangan ini mengalami peningkatan.

Kelompok separatis Baloch telah memperingatkan pemerintah China bahwa warganya akan jadi sasaran jika mereka tidak menarik kegiatan komersial di Balochistan. Wilayah tersebut telah menjadi daerah operasi kelompok militan yang ingin memisahkan diri dari Pakistan.

Baca Juga: AS Soroti Kebebasan Pers di Pakistan yang Semakin Jeblok  

Priyadi Saja Photo Verified Writer Priyadi Saja

Petani Kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya