Mozilla dan Google Tidak Lagi Jalin Kerjasama

Perjanjian berakhir sejak akhir tahun lalu.

Mozilla, pengembang browser Firefox sudah bertahun-tahun diketahui menjalin perjanjian sponsorship dengan Google. Melalui perjanjian itu Google membayar Mozilla agar menjadikan mesin pencarinya sebagai pilihan default di Firefox. Tetapi minggu ini, Mozila baru saja mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menjalin kerjasama dengan Google. Perjanjian ini diketahui berakhir sejak akhir tahun lalu.

Mozilla dan Google Tidak Lagi Jalin Kerjasama Sumber Gambar: nextren.com

Dilansir nextren.com, Google tidak lagi punya hubungan komersial dengan Google. Sebagai gantinya Mozilla mengajak Yahoo untuk wilayah AS, Yandex untuk wilayah Rusia dan Baidu untuk wilayah China sebagai mitra barunya. Menurut banyak orang, langkah yang dilakukan Mozilla sangat beresiko karena perusahaan ini tidak lagi memperoleh pemasukan dari Google. Sedangkan sepanjang tahun 2014 Mozilla menerima 330 juta dollar AS. 

Mozilla dan Google Tidak Lagi Jalin Kerjasama Sumber Gambar: dailysocial.id

Menurut Mozilla, mereka tidak mau selamanya bergantung pada Google. Dengan adanya dukungan dari mitra baru mereka, Mozilla justru yakin akan besar seperti Google. Saat ini pihak Mozilla sedang berusaha menyaingi dominasi Google di ranah mobile, termasuk dengan membuat sistem operasi Firefox OS untuk ponsel murah dan perangkat Smart TV. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya