Pesawat Penumpang Baru Buatan Tiongkok Akan Saingi Boeing dan Airbus

Tahun 2016 akan masuk uji terbang.

Tiongkok baru saja memperkenalkan hasil produksi dalam negerinya. Kali ini Tiongkok membuat sebuah pesawat penumpang besar pertama yang diperkirakan akan menjadi pesaing kuat Boeing dan Airbus. Pesawat yang dikenal dengan nama C919 ini mempunyai 168 kursi dengan daya jelajah 5,43 kilometer. Pesawat ini ditampilkan di depan 4.000 tamu undangan. 

Pesawat Penumpang Baru Buatan Tiongkok Akan Saingi Boeing dan AirbusSumber Gambar: dailymail.co.uk

Walaupun masih dalam masa perkenalan, rencananya C919 akan mulai uji terbang pada tahun 2016. Peluncuran perdana pesawat terbang ini menjadi titik penting dalam ekonomi Tiongkok. Dengan adanya pesawat ini, nama Tiongkok lebih terangkat dari julukan manufaktur barang murah. Dilansir Kompas.com, Kepala Penerbangan Sipil Tiongkok, Li Jiaxiang menjelaskan bahwa negara besar harus mempunyai pesawat komersial hasil produksi sendiri. Industri transportasi Tiongkok tidak ingin bergantung pada produksi impor.

Pesawat Penumpang Baru Buatan Tiongkok Akan Saingi Boeing dan AirbusSumber Gambar: popsci.com 

Commercial Aircraft Corp of China (Comac) mengaku telah menerima pesanan 517 pesawat dari 21 pelangggan. Mayoritas pelanggan mereka ada maskapai China. Selain itu terdapat pelanggan ang berasal dari GE Capital Aviation Services. Bila uji coba terbang pada 2016 berhasil makan pesawat buatan Tiongkok ini akan masuk industry komersial pada tahun 2019.

Topik:

Berita Terkini Lainnya