Pihak Rusia Akan Terima Jenazah Pilot Jet dari Pemerintah Turki

Jenazah sudah diterima di perbatasan Suriah pada Sabtu (28/11).

Pesawat jet Rusia yang ditembak jatuh oleh pihak Turki menyebabkan satu korban meninggal. Pilot yang mengendarai pesawat tersebut, Oleg Peskov telah ditemukan di wilayah Suriah oleh pihak Turki dan akan segera diserahkan ke pihak Rusia. Dilansir kompas.com, Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu menjelaskan pihak Turki telah menerima jenazah pilot Rusia di perbatasan Suriah pada Sabtu (28/11). 

Pihak Rusia Akan Terima Jenazah Pilot Jet dari Pemerintah TurkiSumber Gambar: tribunnews.com

Ahmet menambahkan seorang pejabat Rusia akan segera melakukan perjalanan ke wilayah Hatay selatan bersama dengan pejabat militer Turki untuk mengambil dan menerima jenazah pilot tersebut. Selain satu korban meninggal, satu pilot lainnya ditemukan aman dan sehat. Kedua pilot Rusia ini terjun dari pesawat ditembak Turki dan salah satu dari pilot ditembak mati di Suriah. 

Pihak Rusia Akan Terima Jenazah Pilot Jet dari Pemerintah TurkiSumber Gambar: voanews.com

Pihak militer Turki menjelaskan bahwa pihak Rusia telah melanggar wilayah udara Turki sebanyak 10 kali dalam jangka waktu lima menit pada hari Selasa (24/11) lalu. Namun alasan Turki ditolak oleh Rusia karena pihak Rusia tidak diberi peringatan dan menuntut permintaan maaf dari pihak Turki. Akibat insiden tersebut membuat hubungan atara kedua negara memburuk seperti dalam kerja sama ekonomi. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya