Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Dunia

Baca artikel ini bikin kamu bersyukur tinggal di Indonesia...

World Bank telah mengeluarkan daftar kondisi finansial setiap negara di seluruh dunia. Negara-negara tersebut pun dimasukkan dalam kategori termiskin sampai yang terkaya. Indikatornya didapatkan berdasarkan produk domestik bruto (PDB) per kapita.

Besar kecilnya PDB sebuah negara dipengaruhi oleh banyak faktor. Tapi beberapa di antaranya yang paling mencolok adalah konflik sipil yang tak berkesudahan, korupsi yang merajalela hingga kepemimpinan otoriter yang menggila.

Di bawah ini adalah 10 negara yang didaulat sebagai negara termiskin di dunia di 2017 seperti yang terangkum dalam versi World Bank dan Businessinsider.com. Dan negara-negara tersebut didominasi oleh benua Afrika.

10. Guinea.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.hrw.org

Ekonomi Guinea belum juga stabil sejak tahun 1990an. Krisis sosial politik menjadi kendala utama bagi negara ini hingga terpuruk dalam kemiskinan. Tercatat, PDB per kapita Guinea hanya berada di angka $ 523,10.

9. Ethiopia.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.bbc.com

Sejak lama Ethiopia sudah diidentikan dengan kemiskinan. Meskipun sebenarnya di tahun 2007 negara ini telah memiliki perekonomian lebih baik daripada negara-negara sub-Sahara Afrika.

Perekonomiannya memang hanya tergantung pada industri pertanian yang saat ini terbilang rentan dan kurang didanai pemerintah. Sampai kenyataannya saat ini Ethiopia hanya memegang PDB per kapita sebesar $ 505.00.

8. Gambia.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniacommons.wikimedia.org

Gambia merupakan negara terkecil di benua Afrika. Luas wilayahnya hanya 11.000 meter per segi dengan jumlah populasi 1,8 juta orang. Negara ini  lebih banyak mengandalkan industri pertanian dan peternakan sebagai pendapatan terbesarnya.

Sayangnya, hal tersebut tidak begitu didukung oleh iklim dan kondisi tanah yang kurang subur. Lebih lagi peran pemerintah yang masih sangat kurang.

Tercatat, Gambia hanya memiliki PDB per kapita sebesar $ 488,60.

7. Republik Demokratik Kongo.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.haberler.com

Kongo sebenarnya adalah negara kedua terbesar di benua Afrika. Dengan luas wilayah 2,35 juta kilometer per segi yang sebagian besar merupakan hutan, dan jumlah populasi sebanyak 77 juta jiwa, negara ini diklaim memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah.

Sayangnya, negara ini telah jatuh sangat dalam pada sistem politik korup yang benar-benar menahan potensi kekayaan negara. Tercatat Kongo hanya memiliki $ 484,20 PDB per kapita.

6. Madagaskar.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.espa.ac.uk

Selama hampir 20 tahun standar hidup di negara kepulauan ini terus menurun signifikan. Dengan populasi lebih dari 20 juta jiwa, Madagaskan hanya memiliki PDB per kapita sebesar $ 463,00. Kenyataannya ada sekitar 70% penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

5. Liberia.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.concernusa.org

Sejak tahun 1999 sampai 2003 Liberia selalu didera oleh perang sipil tak berkesudahan. Kondisi inilah yang menjadi penyebab utama perekonomian Liberia sangatlah buruk. Apalagi Liberia hanya mengandalkan industri pertanian untuk mendorong ekonominya.

Di tahun 2010, negara ini percah tercatat memiliki 80% penduduknya yang memiliki pendapatan kurang dari $ 1.25 per harinya. Dan PDB per kapita Liberia sampai saat ini tercatat hanya sebesar $ 454,30.

4. Nigeria.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniabuzznigeria.com

Nigeria menjadi salah satu negara termiskin dan juga paling terbelakang dalam beberapa hal di dunia. Nigeria mengandalkan perekonomiannya pada ekstraksi sumber daya alam dan pertanian skala kecil.

Sayangnya, kedua hal itu sangat rentan pada iklim dan cuaca yang tak menentu di sana. Nigeria tercatat memiliki PDB per kapita sebesar $ 415,40.

3. Republik Afrika Tengah.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniainternasional.kompas.com

Republik Afrika Tengah merupakan negara yang memiliki sejarah kelam nan panjang. Kondisi politik yang tak stabil kerap memicu terjadinya perang sipil. Sentimentil agama juga menjadi poros keterpurukan negara ini. Hal inlah yang membuat negara ini kian terpuruk dalam kemiskinan.

Kendati diperkirakan 45% pendapatan negara ini berasal dari ekspor berlian, namun buruknya tata kelola membuat perekonomian negara ini tak juga stabil.

Akibatnya Republik Afrika Tengah hanya mampu menghasilkan PDB per kapita sebesar $ 333,20.

2. Burundi.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.linkedin.com

Sama seperti Liberia maupun Republika Afrika Tengah, Burundi terkungkung dalam perang sipil yang kerap terjadi akibat perselisihan politik.

Diperkirakan lebih dari 300 ribu sipil menjadi korban dan 67% penduduknya hidup dalam kemiskinan. PDB per kapita yang bisa didapatkan pun hanya sebesar $ 267,10.

1. Malawi.

Sedih, 10 Negara Ini Didaulat Sebagai Termiskin di Duniawww.aurecongroup.com

Inilah negara termiskin di dunia. Malawi memiliki penduduk berjumlah 16 juta jiwa dan menjadi salah satu negara terkecil di benua Afrika. Malawi bahkan sangat terbelakang di berbagai sektor. Negara ini bahkan masih mengandalkan cara bertani yang primitif. Tentu saja sangat rentan pada cuaca.

Belum lagi buruknya fasilitas pendidikan dan kesehatan membuat negara ini kian jatuh pada rantai kemiskinan. Tercatat PDB per kapita negara ini hanya sebesar $ 226,50.

Inilah 10 negara termiskin di dunia. Omong-omong, kamu masih merasa beruntung tinggal dan hidup di Indonesia, kan?

Rahardian Shandy Photo Verified Writer Rahardian Shandy

Rutin menulis sejak 2011. Beberapa cerpennya telah dibukukan dan dimuat di media online. Ia juga sudah menulis 4 buah buku non-fiksi bertema bisnis. Sementara buku fiksi pertamanya terbit pada 2016 lalu berjudul Mariana (Indie Book Corner).

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya