Bahas Kerja Sama Bilateral, Wamenlu Korsel Sambangi Oman

Membahas upaya kerja sama substantif antara kedua negara

Muskat, IDN Times - Setelah melakukan kunjungan ke Qatar pada 13 September, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jong Moon menyambangi Oman pada tanggal 14-15 September guna bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Oman untuk membahas upaya kerja sama bilateral antara Korea Selatan (Korsel) dan Oman, kerja sama di kancah internasional, serta bertukar pandangan soal urusan regional.

Lalu, apa saja yang dibahas oleh kedua negara tersebut?

1. Wamenlu Choi bertemu dengan Menlu Oman, Sayyid Badr Albusaidi

Bahas Kerja Sama Bilateral, Wamenlu Korsel Sambangi OmanMenteri Luar Negeri Oman Sayyid Badr Albusaidi (kanan) bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan Choi Jong Moon di Oman (15/9/2021). (fm.gov.om)

Melansir Korea Herald, Pada pertemuan Wamenlu Choi dengan Menlu Oman Sayyid Badr Albusaidi, Korsel mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Oman perihal kerjasamanya soal operasi unit Cheonghae, kapal anti-pembajakan Korsel di perairan lepas Afrika dan menyetujui untuk mengaktifkan saluran kerja sama antar pemerintah.

Hal tersebut pun direspon baik oleh Menlu Albusaidi, di mana ia menyampaikan harapannya untuk membawa hubungan bilateral Oman-Korsel ke tingkat yang lebih tinggi dengan lebih memperluas kerja sama substantif.

Selain itu, Albusaidi sangat menghargai bahwa Korea telah berkontribusi pada keuangan yang konstan kepada MEDRC (sebuah lembaga penelitian internasional untuk proyek air lintas batas), di mana Korsel merupakan salah satu anggota pendiri MEDRC dan telah memberi sumbangan sebesar 150.000 dolar Amerika Serikat (AS) per tahun atau sekitar Rp2,1 miliar.

2. Wamenlu Choi bertemu dengan Wamenlu Oman, Sheikh Khalifa Alharthy

Bahas Kerja Sama Bilateral, Wamenlu Korsel Sambangi OmanSesi pembicaraan resmi antara Oman (kiri) dan Korea Selatan yang diadakan di Kementerian Luar Negeri Oman (15/9/2021). (fm.gov.om)

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Korsel, Wamenlu Choi juga bertemu dengan Wamenlu Oman, Sheikh Khalifa Alharthy, di mana mereka membicarakan upaya-upaya kerja sama pada bidang ekonomi, industri pertahanan, pendidikan, pariwisata, dan budaya. Selain itu, mereka juga bertukar pandangan perihal situasi terkini di Semenanjung Korea dan Timur Tengah.

Korsel mengusulkan untuk melakukan upaya bersama untuk bekerja sama di bidang-bidang baru, termasuk energi terbarukan. Hal tersebut dikarenakan, dilihatnya potensi rencana pembangunan nasional antara Green New Deal Korea dan Visi Oman 2040.

Baca Juga: Pembajakan Kapal di Teluk Oman, Semua Orang Selamat

3. Hubungan diplomatik Korsel-Oman telah terjalin sejak 1974

Bahas Kerja Sama Bilateral, Wamenlu Korsel Sambangi OmanIlustrasi bendera Oman. (unsplash.com/Silas Baisch)

Kunjungan Wamenlu Korsel pun menjadi kesempatan untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral dengan Oman yang telah memberikan dukungan berkelanjutan pada pemerintah Korsel sebagai salah satu pemasok minyak mentah dan LNG yang merupakan salah satu sumber energi utama bagi industri Korea.

Di sisi lain, Korsel menjadi salah satu negara yang mengekspor banyak produk industri ke Oman, seperti mobil, elektronik berteknologi tinggi, serta banyak perusahaan Korea dengan teknologi mutakhir dan pengalaman yang cukup berpartisipasi pada pembangunan infrastruktur dan pabrik besar Oman.

Hubungan persahabatan antara Korsel dan Oman pun telah terjalin cukup lama, sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada 28 Maret 1974.

Baca Juga: Iran Gelar Latihan Militer Angkatan Laut di Teluk Oman

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya