Comscore Tracker

China Luncurkan Stasiun Wentian, Makin Perkasa di Luar Angkasa!

Stasiun ketiga akan diluncurkan Oktober 2022

Jakarta, IDN Times - China berhasil meluncurkan modul kedua dari tiga modul yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek laboratorium stasiun luar angkasanya yang sedang dibangun, Tiangong. 

Dilansir France24, peluncuran program tersebut disiarkan langsung oleh televisi pemerintah, CCTV, pada Minggu (24/7/2022) pukul 14:22 waktu setempat.

Modul kedua yang disebut Wentian diluncurkan di atas roket paling kuat di negara itu, Long March 5B, dari pusat peluncuran Wenchang, di Pulau Hainan.

1. Tentang modul kedua Wentian

Tak lama setelah peluncuran modul Wentian, Badan Antariksa Berawak China (CMSA) melaporkan keberhasilan peluncuran tersebut, di mana modul berhasil dipisahkan dari roket dan memasuki orbit yang diinginkan.

Modul laboratorium Wentian memiliki bobot seberat 23 ton dan panjang hampir 18 meter. Menurut CNN, modul tersebut dilengkapi dengan empat ruang ilmiah guna melakukan eksperimen ekologi dan bioteknologi dalam berbagai kondisi gravitasi.

Selain itu, Wentian juga dilengkapi lengan robot untuk bereksperimen eksternal dan kunci udara tambahan untuk perjalanan luar angkasa. Nantinya, Wentian akan berfungsi sebagai platform cadangan guna mengontrol stasiun luar angkasa jika terjadi kegagalan.

Baca Juga: NASA Mau Jatuhkan Stasiun Luar Angkasa ke Samudra Pasifik

2. Peluncuran proyek stasiun luar angkasa Tiangong dimulai sejak tahun lalu

China Luncurkan Stasiun Wentian, Makin Perkasa di Luar Angkasa!Ilustrasi seorang astronot di luar angkasa. (pixabay.com/WikiImages)

China menyebut misi pembangunan pusat stasiun luar angkasanya ini dengan nama Tiangong, yang artinya istana surgawi.

Proyek ambisius ini telah dimulai pada April tahun lalu, di mana Beijing meluncurkan modul pertamanya yang diberi nama Tianhe. Tianhe merupakan modul pusat yang akan menjadi tempat tinggal utama, yang nantinya akan menjadi misi pertama dari 11 misi berawak maupun tidak berawak dalam proyek tersebut, dilansir Deutsche Welle.

Modul fase ketiga atau modul terakhir, diberi nama Mengtian. Dijadwalkan modul tersebut akan diluncurkan pada Oktober ini.

Diharapkan, ketiga modul tersebut akan beroperasi penuh pada akhir 2022 dan memiliki umur setidaknya 10 tahun.

3. Impian luar angkasa China di bawah kepemimpinan Xi Jinping

China Luncurkan Stasiun Wentian, Makin Perkasa di Luar Angkasa!Bendera Tiongkok. (Unsplash.com/Macau Photo Agency)

Stasiun Luar Angkasa Tiangong milik China merupakan pos orbit operasional kedua di dunia, setelah Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, China membuat gebrakan besar dalam mengejar Amerika Serikat (AS) dan Rusia, demi mewujudkan impian luar angkasanya.

Pada 2011, Beijing dikeluarkan dari ISS karena keberatan politik AS dan pembatasan legislatif, di mana AS melarang Badan Penerbangan dan Antariksa, NASA, untuk terlibat dengan China.

Disebutkan oleh France24, bahwa dari program luar angkasanya, Beijing telah mendaratkan penjelajah di Mars, serta mengirim wahana ke Bulan.

Selain membangun stasiun luar angkasa, misi lain dari negara ini akan membangun pangkalan di Bulan dan mengirim manusia kesana pada 2030.

Baca Juga: 5 Hal Unik dan Ngeri dari Planet Mars yang Tak Akan Ditemui di Bumi

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya