Comscore Tracker

Jepang Kirim 2 Jet Tempur F-15 ke Filipina, Ada Apa? 

Untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II

Jakarta, IDN Times - Dua jet tempur F-15 milik Angkatan Udara Bela Diri Jepang (ASDF) mendarat di Pangkalan Udara Clark di Mabalacat, Pulau Luzon, Filipina pada Selasa (6/12/2022). 

Ini untuk pertama kalinya Jepang mengirim jet tempur ke negara di Asia Tenggara sejak Perang Dunia II, sebagai bagian dari program kerja sama antara ASDF dan Angkatan Udara Filipina (PAF).

Filipina pun menjadi negara yang ketiga untuk Jepang mengirim ASDF-nya, setelah Amerika Serikat (AS) dan Australia.

1. Mempererat hubungan Jepang-Filipina

Menurut ASDF, saat ini Tokyo dan Manila sedang mempererat hubungan keamanan dan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Program tersebut diikuti oleh sekitar 60 anggota ASDF. Mereka telah mengambil bagian dalam pertukaran yang berlangsung pada 27 November hingga 11 Desember 2022.

"Kami ingin mempercepat kerja sama, saling pengertian, serta berkontribusi pada stabilitas di kawasan," kata komandan skuadron ASDF, Letnan Kolonel Shotaro Arisawa, dikutip dari NHK News.

Arisawa juga mengatakan bahwa Filipina merupakan mitra yang sangat penting bagi Jepang, juga kedua negara memiliki nilai-nilai yang sama.

Baca Juga: Ciamik, Pelatih Jepang Membungkuk Usai Kalah dari Kroasia

2. Antisipasi kehadiran China di kawasan

Jepang Kirim 2 Jet Tempur F-15 ke Filipina, Ada Apa? Ilustrasi peta Tiongkok. (Unsplash.com/Liam Read)

Program ini juga dilakukan di tengah meningkatnya aktivitas militer China, termasuk kehadiran Beijing di Laut China Selatan. 

"Filipina dan Jepang akan terus bekerja bergandengan tangan untuk memajukan persahabatan dan kemitraan kita, serta memperkuat kedua angkatan udara, guna mempertahankan perdamaian secara efektif dan efisien, serta menjaga stabilitas di kawasan," kata Leo Fontanilla, komandan PAF Filipina, dikutip dari Kyodo News.

Sebelumnya, pada Juli 2021 dan Juni 2022, ASDF dan PAF telah mengadakan latihan militer bilateral. Pada latihan tersebut, kedua negara fokus pada bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

3. Tentang Jet Tempur F-15

Jepang Kirim 2 Jet Tempur F-15 ke Filipina, Ada Apa? Ilustrasi jet tempur. (pixabay.com/Military_Material)

Dilansir Kantor Berita Filipina, Jet tempur yang dikerahkan oleh ASDF Jepang merupakan jenis tempur McDonnell Douglas F-15 Eagle. F-15 merupakan pesawat tempur taktis segala cuaca bermesin ganda.

Awalnya, pesawat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara AS pada pesawat tempur superioritas udara khusus.

Adapun spesifikasi dari F-15 adalah memiliki kecepatan maksimum 2,5 Mach dengan jangkauan tempur 1.061 mil laut, serta dipersenjatai dengan meriam 20mm. Ia juga mampu membawa berbagai rudal dari udara ke udara.

Baca Juga: Indonesia Masih Negosiasikan Pembelian 12 Jet Tempur Bekas dari Qatar

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya