Kaisar Jepang dan Permaisuri Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

Kunjungan luar negeri pertama sejak Kaisar Naruhito menjabat

Jakarta, IDN Times - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako menghadiri pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Kaisar dan permaisurinya tiba di London, Inggris pada Sabtu (17/9/2022) waktu setempat.

Kaisar dan permaisuri melakukan perjalanan sekitar 15 jam dengan menggunakan sebuah pesawat pemerintah Jepang yang berangkat dari Bandara Internasional Haneda di Tokyo, dan mendarat di Bandara Stansted dekat London, Japan Times melaporkan.

Kaisar dan permaisuri tiba dengan pakaian berkabung dan menggunakan masker hitam. Kedatangan mereka pun disambut oleh pejabat terkait keluarga kerajaan Inggris. Selama di London, mereka akan menginap di Claridge Hotel dan diperkirakan akan kembali ke Jepang pada Selasa.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

1. Kunjungan kenegaraan pertama sejak Kaisar menempati takhta pada 2019

Kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako ke Inggris adalah untuk bergabung dengan kepala negara dan pemimpin dunia lainnya, menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Pemakaman akan berlangsung di Westminster Abbey, London pada Senin pagi (19/9/2022) waktu setempat.

Kunjungan ini menjadi kunjungan luar negeri pertama mereka bersama sejak Kaisar Naruhito naik takhta Krisan pada 2019 lalu.

Sebelumnya, perjalanan luar negeri mereka bersama adalah saat mengunjungi Tonga, sebuah negara kepulauan Polinesia di Pasifik Selatan, pada Juli 2015. Saat itu, mereka menghadiri penobatan Raja Tonga Tupou VI.

Baca Juga: 125 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Pemakaman Ratu Elizabeth II

2. Kaisar Naruhito memiliki kenangan baik dengan Ratu Elizabeth II semasa bersekolah di Inggris

Kaisar Jepang dan Permaisuri Hadiri Pemakaman Ratu ElizabethBendera Jepang. (Unsplash.com/ Roméo A.)

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, kehadiran kaisar dan permaisuri ke pemakaman Ratu Elizabeth II diputuskan setelah pemerintah Jepang mengonfirmasi niat Kaisar Naruhito. Undangan yang diberikan oleh pemerintah Inggris, hanya untuk dua perwakilan. 

Perjalanan ke luar negeri ini menjadi perjalanan langka, mengingat bagaimana ikatan yang mendalam antara keluarga kekaisaran Jepang dan keluarga kerajaan Inggris selama beberapa dekade terakhir.

Dikutip dari NHK News, Kaisar Naruhito memiliki kenangan indah saat dirinya menghabiskan waktu bersama Ratu Elizabeth. Saat itu, Naruhito menjadi mahasiswa di Universitas Oxford pada awal 1980-an. Ratu Elizabeth mengundangnya untuk piknik dan bergabung dengannya dan anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya, kata para pembantu Kaisar Naruhito. Kaisar juga sangat berterimakasih kepada Ratu atas keramahannya yang hangat.

Pada saat Kaisar Naruhito naik takhta, keluarga kerajaan Inggris telah mengundang mereka untuk mengunjungi Inggris. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena pandemik COVID-19.

Baca Juga: Pertama di Eropa, Inggris-Jepang Sepakati Pakta Kerja Sama Pertahanan

3. Mempertahankan hubungan persahabatan antara Kekaisaran Jepang-Kerajaan Inggris

Kaisar Jepang dan Permaisuri Hadiri Pemakaman Ratu ElizabethKaisar Emeritus Jepang Akihito (kanan). (twitter.com/IrishEmbJapanEN)

Dilansir Kyodo News, Selama 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II hingga wafatnya di usia 96 tahun pada 8 September 2022, baik keluarga kerajaan Inggris maupun keluarga kekaisaran Jepang telah mempertahankan hubungan persahabatan selama tiga generasi. Generasi tersebut termasuk kakek dari Kaisar Naruhito, yakni Hirohito dan ayahnya, Akihito.

Sebagai putra mahkota saat itu, Kaisar Emeritus Akihito menghadiri penobatan Ratu Elizabeth II pada tahun 1953 di London atas nama ayahnya, Kaisar Hirohito. Akihito melakukan kunjungan pertamanya ke Inggris sebagai kaisar Jepang, yakni pada tahun 1998. Lalu, pada tahun 2012, Akihito juga menghadiri perayaan Diamond Jubilee Ratu Elizabeth, yakni peringatan ke-60 tahun ratu bertakhta.

Ratu Elizabeth II pun pernah mengunjungi Jepang, yakni pada 1975.

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya