Kaisar Jepang Naruhito Akan Kunjungi Indonesia Akhir Juni

Akan menjadi lawatan luar negeri kedua Kaisar Naruhito

Jakarta, IDN Times - Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno mengatakan, bahwa pemerintah Jepang sedang mengatur kunjungan kenegaraan Kaisar Naruhito pada paruh kedua Juni, dilansir Kyodo News.

Dalam pernyataan pada Kamis (6/4/2023), Matsuno juga menambahkan, perihal apakah Permaisuri Masako akan menemani Kaisar ke Indonesia, akan tergantung pada kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Akhirnya Muncul di Publik, Kaisar Jepang Sampaikan Pidato Tahun Baru 

1. Kaisar diperkirakan akan berada sekitar satu minggu di Jakarta

Jika kunjungan tersebut terealisasi, akan menjadi lawatan luar negeri kedua bagi Kaisar Naruhito sejak naik Tahta Krisan pada Mei 2019. Sebelumnya, pada September tahun lalu Kaisar bersama Permaisuri melakukan perjalanan ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.

Dikutip dari Yomiuri Shimbun, Kaisar diperkirakan akan berada di Jakarta selama sekitar satu minggu. Kaisar juga akan menghadiri upacara penyambutan, serta jamuan yang diselenggarakan oleh Presiden Indonesia.

Baca Juga: Kunjungi Jepang, Biden Bertemu dengan Kaisar Naruhito dan PM Kishida

2. Presiden Joko Widodo pernah mengundang Kaisar

Kaisar Jepang Naruhito Akan Kunjungi Indonesia Akhir JuniBendera Jepang. (Unsplash.com/ Roméo A.)

Pada Juli tahun lalu, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako pernah diundang oleh Presiden Indonesia Joko Widodo dan ibu negara, Iriana, saat berkunjung ke Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo.

Saat ini, Indonesia memegang kursi kepresidenan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) 2023. Juga, tahun ini menandai peringatan 50 tahun Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Baca Juga: Kaisar Jepang dan Permaisuri Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

3. Kaisar Emeritus Akihito juga pernah mengunjungi Indonesia

Kaisar Jepang Naruhito Akan Kunjungi Indonesia Akhir JuniKaisar Emeritus Jepang Akihito (kanan). (twitter.com/IrishEmbJapanEN)

Pada 1991, orang tua Kaisar Naruhito, Kaisar Emeritus Akihito dan Pemaisuri Emerita Michiko pernah mengunjungi Indonesia. Lawatan saat itu merupakan bagian dari tur luar negeri pertama mereka setelah penobatannya beberapa tahun sebelumnya.

Tidak hanya mengunjungi Indonesia, saat itu pasangan tersebut juga melawat ke Thailand dan Malaysia.

 

Sumber rujukan:

https://english.kyodonews.net/news/2023/04/f181e79d390e-japan-emperor-to-visit-indonesia-in-june.html

https://japannews.yomiuri.co.jp/society/imperial-family/20230406-102015/

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya