Longsor Salju Jepang Tewaskan 2 Pemain Ski

Korban sempat dikabarkan hilang

Jakarta, IDN Times - Dua pemain ski ditemukan tewas pada Senin (30/1/2023), setelah terjebak dalam longsoran salju di salah satu kawasan resor ski paling terkenal di Jepang yang berada di Prefektur Nagano.

Menurut kepolisian, mereka sempat dinyatakan hilang ketika longsoran salju terjadi pada Minggu pukul 14:30 waktu setempat di lereng timur Gunung Hakuba Norikura, sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut, Kyodo News melaporkan.

Namun ketika ditemukan, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda vital masih hidup.

1. Kronologi insiden tersebut

Polisi juga mengatakan, mereka yang tewas termasuk di antara 13 warga negara asing yang saat itu sedang bermain ski dengan dibagi dalam tiga kelompok. Namun, mereka berada di luar batas area patroli Resor Gunung Tsugaike di desa Otari.

Saat terjadi longsor, 11 orang berhasil turun gunung dengan selamat. Jika ditotalkan, ada lima orang yang terjebak dalam longsoran salju, dengan tiga orang akhirnya berhasil melarikan diri.

Salah satu pemain ski yang selamat sempat dilaporkan mengalami patah lengan, namun setelah dikonfirmasi ternyata mengalami dislokasi bahu kanan.

Baca Juga: Rusia Ogah Dialog dengan Jepang soal Sengketa Pulau Gegara Ukraina

2. Pihak berwenang belum bisa memastikan kewarganegaraan para korban

Longsor Salju Jepang Tewaskan 2 Pemain SkiIlustrasi ambulans. (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Dilansir NHK News, polisi menerima telepon pada Minggu sore perihal insiden longsoran salju, namun operasi pencarian mulai dilakukan oleh polisi dan kru penyelamat pada Senin pagi.

Hal ini dikarenakan kondisi cuaca dan faktor lain yang membuat pencarian tidak dapat segera dimulai.

Pihak berwenang mengatakan, mereka tidak dapat segera memastikan kewarganegaraan dua korban tewas dan para korban lainnya. Namun, media lokal mengatakan bahwa mereka termasuk orang Australia, Amerika Serikat, dan Kanada, dikutip dari Japan Times.

3. Tentang Prefektur Nagano

Longsor Salju Jepang Tewaskan 2 Pemain SkiIlustrasi suasana kawasan resor ski di Nagano, Jepang. (unsplash.com/Leo Mendes)

Peringatan longsoran salju telah dikeluarkan untuk wilayah Nagano utara, termasuk di desa. Menurut Badan Meteorologi Jepang (JMA), wilayah itu telah menerima salju hujan lebat selama beberapa hari terakhir. Pihaknya juga telah memperingatkan tentang risiko longsoran permukaan karena tumpukan salju yang tidak stabil.

Prefektur Nagano merupakan tujuan populer bagi turis asing, terutama mereka yang tertarik untuk bermain ski dan seluncur salju di pedalaman atau di luar batas area yang dipatroli.

Wilayah tersebut juga memiliki salju bubuk yang berkualitas tinggi, yang dikenal dengan nama 'Japow'. Nagano juga pernah menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade Musim Dingin 1998.

Baca Juga: Diterpa Cuaca Buruk di Tengah Laut, 3 Warga Jepang Terdampar di Bima

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya