Miliarder Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Yusaku Maezawa: Mimpi yang menjadi kenyataan 

Jakarta, IDN Times - Miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa (46), tiba dengan selamat di modul Poisk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Rabu (8/12/2021), setelah melakukan perjalanan selama enam jam.

Dia pun akan tinggal selama 12 hari hingga 20 Desember 2021.

Dilansir Kyodo News, Maezawa menjadi orang Jepang pertama yang melakukan penerbangan luar angkasa komersial dalam 31 tahun terakhir, yang sebelumnya dilakukan oleh reporter Toyohiro Akiyama dari Tokyo Broadcasting System Television Inc. pada tahun 1990, dan menjadi warga sipil ke-10 yang tinggal di ISS.

1. Perjalanan ruang angkasa yang bernilai fantastis

Dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Rusia, Soyuz MS-20, yang diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, Maezawa berhasil mewujudkan impian masa kecilnya.

Dalam unggahannya di Twitter sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Soyuz, dia menuliskan, "Mimpi yang menjadi kenyataan".

Setelah tiba dan memasuki ISS, Maezawa pun mengungkapkan kegembiraan dan keheranannya saat tiba di stasiun. Sebelumnya, dia telah menjalani pelatihan selama sekitar 100 hari dan lulus ujian akhir guna melakukan perjalanan ke ISS.

Maezawa juga telah memperkirakan biaya perjalanan ruang angkasanya akan bernilai fantastis, yakni sekitar 88 juta dolar AS atau sekitar Rp1,26 triliun.

2. Siapa Yusaku Maezawa dan apa yang akan dilakukannya di ISS?

Miliarder Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa InternasionalYusaku Maezawa saat berfoto untuk perjalanannya ke ISS selama 12 hari, dari tanggal 8-20 Desember 2021. (instagram.com/yusaku2020)

Baca Juga: Miliarder AS Sebut Cryptocurrency Bakal Tidak Ada Nilainya

Maezawa adalah pendiri Zozo, bisnis fashion online yang sukses, juga seorang kolektor seni terkenal yang menurut laporan The Guardian, Maezawa memiliki kekayaan bersih 1,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp27,2 triliun dan menjadi orang terkaya ke-30 di Jepang versi Forbes.

Perjalanannya ke ISS bersama dengan asistennya Yozo Hirano dan astronot Rusia, Alexander Misurkin, dibawah kontrak dengan perusahaan perjalanan ruang angkasa AS Space Adventures Inc.

Maezawa akan berbagi pengalaman kehidupannya sehari-sehari dan akan menyelesaikan 100 hal yang akan dilakukan selama di stasiun luar angkasa, termasuk bermain bulu tangkis melalui saluran YouTube-nya, yang akan didokumentaikan oleh Hirano. 

Sebelum perjalanannya, dia telah meminta ide kepada orang-orang tentang apa yang harus dia lakukan nanti.

3. Maezawa berencana mengelilingi orbit bulan pada tahun 2023

Miliarder Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa InternasionalYusaku Maezawa dan spacesuit-nya, yang akan dikenakannya untuk perjalanan ke ISS. (instagram.com/yusaku2020)

Tidak berhenti sampai disitu, Maezawa menjadikan perjalanannya kali ini sebagai batu loncatan dan telah mendaftar untuk perjalanan yang lebih ambisius untuk mengelilingi bulan dengan roket SpaceX milik Elon Musk yang direncanakan pada tahun 2023.

Dikutip dari DW, Maezawa adalah salah satu dari miliarder yang telah melakukan penerbangan pariwisata komersial ke luar angkasa tahun ini, setelah miliarder Richard Branson, Elon Musk, dan Jeff Bezos.

Baca Juga: Kisah Takahisa Takahara, Sukses Jadi Miliarder dari Jualan Pembalut

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya