Presiden Korsel Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di London

Yoon Suk-yeol akan mengunjungi 3 negara selama 7 hari

Jakarta, IDN Times - Presiden Korea Selatan (Korsel), Yoon Suk-yeol, akan menghadiri pemakaman Ratu Inggris Elizabeth II di London, Inggris. Hal ini disampaikan oleh kantor kepresidenan Korsel pada Minggu (11/9/2022).

Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat, pada usia 96 tahun setelah memerintah selama 70 tahun. Dia naik takhta pada tahun 1952, ketika usianya 25 tahun. Dia menggantikan ayahnya, Raja George VI yang wafat. Namun, Elizabeth baru dimahkotai secara resmi pada Juni 1953.

Pada 1999, Ratu Elizabeth pernah mengunjungi Negeri Ginseng untuk menghadiri undangan dari Presiden Korsel saat itu, Kim Dae-jung.

Nantinya, pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada 19 September 2022 di Westminster Abbey di London, Yonhap melaporkan.

1. Wafatnya Ratu Elizabeth II

Sebelumnya, Yoon telah melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Inggris di Seoul pada Jumat untuk memberikan penghormatan. Di hari yang sama, Yoon juga mengunggah ucapan belasungkawa di akun Twitter miliknya.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya kepada rakyat Inggris atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Dia memiliki keyakinan yang kuat pada sumber kebebasan manusia dan meninggalkan warisan besar bermartabat. Hatinya yang baik dan perbuatan baiknya akan tetap dalam ingatan kita," kata Yoon.

Rencana keberangkatan Presiden Korsel tersebut akan berlangsung pada 18 September. Nantinya, kehadiran Yoon pun akan menandai untuk pertama kalinya seorang Presiden Korsel menghadiri pemakaman pemimpin negara lain sejak 2015.

"Kehadiran Yoon ke pemakaman (Ratu Elizabeth II) datang setelah pertimbangan komprehensif dari berbagai faktor, termasuk pentingnya sejarah hubungan bilateral Korsel dan Inggris, serta warisan besar ratu dan kasih sayangnya terhadap Korea," kata Kim Sung-han dari kantor keamanan nasional Korsel, dikutip dari Korea Herald.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di Inggris

2. Yoon akan kunjungi Inggris, AS, dan Kanada

Presiden Korsel Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di LondonPertemuan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol di Seoul pada Sabtu (21/5/2022). (twitter.com/POTUS)

Dilansir Korea Times, Kunjungan Yoon ke Inggris merupakan salah satu dari rangkaian perjalanan tujuh harinya dari 18-24 September 2022 ke luar negeri, guna menghadiri acara-acara internasional. Nantinya, setelah melayat di pemakaman Ratu Inggris, Yoon direncanakan akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Di New York, AS, Yoon akan menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-77. Pada kesempatan tersebut, Yoon juga akan menyampaikan pidato utama di sesi pidato tingkat tinggi PBB pada 20 September 2022 mendatang. Yoon akan menguraikan peran Korsel dalam mengatasi tantangan dunia, juga seruannya pada denuklirisasi Korea Utara.

Diperkirakan di sela-sela acara PBB, Yoon akan mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin negara lain, seperti Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang (PM) Fumio Kishida.

Di Kanada, Yoon akan bertemu dengan PM Justin Trudeau. Pertemuan keduanya diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral, serta meningkatkan kerja sama dalam keamanan ekonomi.

3. Pemimpin negara lain juga ingin menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II

Presiden Korsel Akan Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II di LondonPresiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida selama pertemuan bilateral di Istana Akasaka, Tokyo, pada Senin (23/5/2022). (twitter.com/POTUS)

Presiden Yoon akan bergabung dengan sejumlah pemimpin dunia lainnya yang akan menghadiri pemakaman Ratu Inggris tersebut.

Menurut Korea Herald, Presiden Biden berencana menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II. Selain itu, Kaisar Jepang Naruhito dan PM Kishida juga diperkirakan akan pergi.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen juga mengumumkan niat mereka untuk hadir pada pemakaman tersebut.

Baca Juga: Ratu Elizabeth Meninggal, Antigua dan Barbuda Rencanakan Referendum 

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya