Comscore Tracker

Wilayah Udara Swiss Dibuka Kembali Setelah Kerusakan Teknis Sistem

Bandara di Jenewa dan Zurich membuka penerbangan bertahap

Jakarta, IDN Times - Swiss kembali membuka wilayah udaranya pada Rabu (15/6/2022), setelah menangguhkan penerbangan selama beberapa jam. Penutupan itu demi alasan keamanan karena kerusakan teknis, yang disebabkan adanya kegagalan komputer di layanan kontrol lalu lintas udara Skyguide.

Sebelumnya, Skyguide mengatakan bahwa penutupan wilayah udara akan berlaku sampai pemberitahuan selanjutnya, setelah kerusakan teknis yang terjadi pada pagi hari.

Baca Juga: Swiss Larang Denmark Kirimkan Senjata Buatannya ke Ukraina

1. Penutupan wilayah udara dicabut pada pukul 08.30 pagi waktu setempat

Imbas dari penutupan wilayah udara Swiss, menyebabkan beberapa penerbangan harus dialihkan ke Milan di Italia Utara.

Namun, beberapa jam kemudian penutupan wilayah udara dicabut pada pukul 08:30 pagi waktu setempat. Lalu lintas udara di atas Swiss dilanjutkan bersama dengan operasi di dua bandara nasional, yakni bandara Jenewa dan Zurich.

Dalam sebuah pernyataan, Skyguide mengungkapkan penyesalannya terkait insiden ini yang tidak hanya berdampak pada pelanggan dan mitranya, tetapi juga penumpang di dua bandara nasional, dikutip dari AP News.

Baca Juga: Fakta Sungai Aare di Swiss, Tempat Anak Ridwan Kamil Hanyut

2. Terjadi kekosongan penerbangan di atas wilayah udara Swiss

Bandara Jenewa sendiri melaporkan bahwa beberapa penerbangan telah dibatalkan, namun lalu lintas secara bertahap mulai dilanjutkan pada pukul 08.30.

Menurut juru bicara Skyguide, Vladi Barrosa, masalah teknis merupakan kesalahan yang berasal dari perangkat keras dan mereka tidak percaya bahwa sistem mereka telah diretas. Namun, kerusakan teknis di Skyguide akhirnya dapat diselesaikan, BBC melaporkan.

Dari unggahan pelacak penerbangan, Flightradar24 di akun Twitter-nya, terlihat gambar lalu lintas udara di seluruh Eropa Barat dan memperlihatkan kekosongan penerbangan di atas wilayah udara Swiss.

Baca Juga: AS Aktifkan Kembali Penerbangan Sipil ke 9 Provinsi di Kuba

3. Bandara internasional Zurich adalah bandara terbesar di Swiss

Wilayah Udara Swiss Dibuka Kembali Setelah Kerusakan Teknis SistemBandara Internasional Zurich di Kloten, Swiss. (pexels.com/Frankentoon Studio)

Sementara itu di Bandara Zurich, operasi penerbangan berjalan lagi. Meskipun demikian, pembukaan dilakukan secara bertahap dengan kapasitas operasi penerbangan 50 persen hingga 09.30 pagi, dan setelah itu 75 persen.

Dilansir France24, Bandara Zurich merupakan bandara terbesar di Swiss, di mana pada tahun 2021 lebih dari 10,2 juta penumpang melalui terminalnya, dan setelah pencabutan pembatasan COVID-19, lalu lintas udara di negara ini meningkat signifikan, terbukti pada bulan Mei ini saja 1,9 juta penumpang terdaftar di sana.

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya