2 Pesawat Perang Dunia II AS Tabrakan di Udara Saat Atraksi  

FAA dan NSTB melakukan penyelidikan lebih lanjut

Jakarta, IDN Times – Dua pesawat veteran Perang Dunia II tabrakan di udara dan jatuh saat melakukan atraksi peringatan Perang Dunia II di Dallas, Texas, Amerika Serikat, Sabtu (12/11/2022).

Menurut Lembaga Penerbangan Federal (FAA) AS, pesawat pengebom Boeing B-17 Fortress dan pesawat tempur Bell P-63 Kingcobra tabrakan dan jatuh saat melakukan pertunjukan Wings Over Dallas di Bandara Eksekutif Dallas, pada pukul 13.20 waktu setempat. Tim penyelamat langsung bergerak.

Baca Juga: Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua 

1. Pertunjukan untuk memperingati hari pahlawan

2 Pesawat Perang Dunia II AS Tabrakan di Udara Saat Atraksi  ilustrasi kecelakaan pesawat (IDN Times/Aditya Pratama)

Pertunjukan tersebut digambarkan sebagai pertunjukan udara Perang Dunia II yang diselenggarakan pertama kalinya di negara bagian tersebut.

Acara yang diselenggarakan selama tiga hari ini untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada Jumat, 11 November, dan disaksikan empat hingga enam ribu warga.

2. Pesawat tabrakan di udara dan jatuh terbakar

2 Pesawat Perang Dunia II AS Tabrakan di Udara Saat Atraksi  Serpihan pesawat berupa kabel, pecahan besi body pesawat dan komponen pesawat lainnya yang ditemukan di lokasi jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle di Desa Nginggil, Kradenan, Blora Jawa Tengah, Selasa (19/7/2022). IDN Times/Febrian Chandra.

Sejumlah video yang diunggah ke media sosial memperlihatkan kedua pesawat itu bertabrakan dan tak lama kemudian jatuh ke tanah dan terbakar.

Belum diketahui berapa jumlah personel yang berada di kedua pesawat tersebut, namun dipastikan tidak ada korban jiwa di lapangan.

3. Wali Kota Dallas minta masyarakat doakan korban

2 Pesawat Perang Dunia II AS Tabrakan di Udara Saat Atraksi  Ilustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Wali Kota Dallas Eric Johnson menyebutnya sebagai "tragedi yang mengerikan". "Video-video itu memilukan," cuitnya. "Tolong, ucapkan doa untuk jiwa yang terbang ke langit untuk menghibur dan mendidik keluarga kita hari ini," tulis Eric Johnson.

FAA bersama Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NSTB) akan melakukan penyidikan lebih lanjut atas kecelakaan ini.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya