Comscore Tracker

Ratusan Migran Gali Terowongan untuk Memasuki Perbatasan di Arizona

Kelompok migran sebagian besar dari Guatemala

San Luis, IDN Times - Hampir 400 pencari suaka telah ditangkap di Arizona setelah melakukan penerobosan di bawah perbatasan AS-Meksiko. Para migran Amerika Tengah, sebagian besar terdiri dari keluarga, ditahan oleh Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) AS setelah menyerahkan diri di dekat kota San Luis.

Pihak berwenang mengatakan kelompok tersebut beranggotakan 376 orang, yang hampir seluruhnya berasal dari Guatemala dan termasuk 176 anak-anak, tidak berupaya untuk menghindari agen imigrasi.

1. Para migran memasuki AS dengan menggali lubang dangkal

Ratusan Migran Gali Terowongan untuk Memasuki Perbatasan di ArizonaAzfamily.com

Seperti dilansir dari thisisinsider.com, mereka memasuki AS dengan menggali lubang dangkal di bawah penghalang baja sekitar 16 kilometer di sebelah timur perbatasan San Luis, yang telah menjadi rute utama bagi para migran dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun pelat baja dilas ke penghalang trotoar dalam upaya untuk mencegah penyeberangan ilegal oleh orang-orang, namun itu tidak memberikan banyak penghalang bagi mereka yang bepergian dengan berjalan kaki.

Juru bicara Patroli Perbatasan Jose Garibay III mengatakan tidak ada pijakan yang konkrit untuk mencegah penggalian dan kelompok itu telah mampu menggali banyak lubang tanpa kesulitan berarti sehingga semua orang bisa menyeberang dengan cepat.

2. Ada anak migran meninggal dalam tahanan

Ratusan Migran Gali Terowongan untuk Memasuki Perbatasan di ArizonaNypost.com

Anthony Porvaznik, kepala petugas CBP di kota itu, mengatakan kepada ABC News bahwa 87% migran ilegal yang ditangkap di sana adalah keluarga dengan anak-anaknya.

Dia menambahkan, "Dalam 30 tahun saya bekerja dengan Patroli Perbatasan, saya belum menjadi bagian dari penangkapan sejumlah 376 orang. Itu benar-benar tidak pernah terjadi."

CBP baru-baru ini berada di bawah pengawasan atas perlakuan mereka terhadap para migran dalam tahanan, dengan dua anak meninggal ketika dalam tahanan pada minggu-minggu menjelang Natal.

Baca Juga: Inggris dan Perancis Tingkatkan Upaya Mengatasi Pengawasan Migran

3. Sebagian besar migran telah menyerahkan diri

Ratusan Migran Gali Terowongan untuk Memasuki Perbatasan di ArizonaTn8.tv

Dua hari setelah penahanan di Yuma, sekelompok 247 orang dari Amerika Tengah menyerahkan diri kepada pejabat perbatasan di New Mexico. Kelompok lain sebanyak 115 orang ditemukan di daerah yang sama dengan sebagian besar adalah orang Guatemala.

Lebih banyak lagi sedang dalam perjalanan, dengan ratusan migran Honduras menyeberang perbatasan ke Guatemala dengan harapan mencapai AS. Karavan orang-orang berjalan dengan damai, mereka yang berada di atas kapal menunjukkan dokumennya kepada petugas keamanan di bawah pengawasan 200 polisi dan tentara Guatemala.

Terlepas dari kemungkinan penangkapan dan retorika yang semakin tidak bersahabat dari Gedung Putih ketika Presiden Donald Trump mencari dana untuk tembok perbatasan selatan yang diusulkannya, orang masih berusaha memasuki AS secara ilegal. Tetapi sementara ada peningkatan jumlah orang Amerika Tengah yang mencari suaka di AS dalam beberapa bulan terakhir, jumlah penangkapan masih rendah menurut standar historis.

Seperti dilansir dari dailyprogress.com, ada 396.579 penangkapan di perbatasan Meksiko pada tahun 2018, meningkat 30% pada level terendah 46 tahun selama periode yang sama tahun sebelumnya - tetapi masih jauh di bawah level tertinggi, yaitu lebih dari 1,6 juta pada tahun 2000.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tak Meremehkan Pekerjaan Buruh Migran

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You