Comscore Tracker

Anugerah Nobel Sastra 2018 Bisa Batal Karena Skandal Pelecehan Seksual

Sebelumnya, penganugerahan Nobel Sastra pernah tujuh kali gagal

Stockholm, IDN Times - Hadiah Nobel Sastra 2018 kemungkinan besar bakal dibatalkan, menyusul terjadinya skandal pelecehan seksual oleh suami dari salah seorang anggota Akademi Swedia (Swedish Academy), badan yang menganugerahi Hadiah Nobel. Pengumuman pemenang Hadiah Nobel Sastra 2018 sedianya akan dilakukan pada tanggal 3 Mei 2018.

1. Skandal ini menuai perdebatan

Anugerah Nobel Sastra 2018 Bisa Batal Karena Skandal Pelecehan Seksualbritannica.com/

Media Inggris Guardian, pada tanggal 27 April 2018 waktu setempat melaporkan, pada pertemuan mingguan anggota Akademi Swedia pada 26 April 2018, 11 anggota komite yang tersisa masih memperdebatkan kemungkinan pembatalan itu.

"Akademi Swedia kemarin membahas hadiah Nobel dan tidak ada keputusan," ungkap Per Wastberg, ketua panel penganugerahan Hadiah Nobel, kepada Guardian.

"Setelah pertemuan kami pada Kamis (03/5) depan, kemungkinan besar akan ada pernyataan apakah kami akan memberikan hadiah tahun ini atau mencadangkannya untuk tahun depan, dalam hal ini akan ada dua hadiah untuk sastra yang akan diumumkan pada Oktober 2019."

2. Seperti apa awal mula skandal

Anugerah Nobel Sastra 2018 Bisa Batal Karena Skandal Pelecehan SeksualAmazon.com

Sebelumnya, Yayasan Nobel yang didirikan oleh Raja Gustav III pada tahun 1786 diguncang skandal pelecehan seksual terhadap 18 wanita pada bulan November 2017 lalu. Tindakan kriminal itu diduga dilakukan oleh fotografer Perancis Jean-Claude Arnault, suami dari salah seorang anggota Akademi Swedia Katarina Frostenson.

Krisis dalam tubuh Akademi Swedia semakin menjadi-jadi pada awal bulan April ini ketika tiga anggota mundur sebagai bentuk protes pada sebuah pemungutan suara untuk tidak mengusir Frostenson. Arnault, suami Frostenson, juga diduga telah membocorkan nama-nama dari tujuh pemenang Nobel sebelumnya.

3. Tujuh kali gagal dalam penganugerahan hadiah Nobel Sastra

Anugerah Nobel Sastra 2018 Bisa Batal Karena Skandal Pelecehan Seksualrevolvy.com

Sebelumnya, Akademi Swedia pernah tujuh kali gagal menganugerahkan Hadiah Nobel Sastra sejak pertama kali didirikan pada tahun 1901. Penganugerahan Hadiah Nobel Sastra yang gagal itu terjadi pada tahun 1914, 1918, 1935, 1940 dan 1941, 1942 dan 1943.

Selain itu, Hadiah Nobel Sastra juga pernah ditunda enam kali dalam kurun waktu satu tahun karena komite menilai tidak ada nominasi yang sesuai dengan kriteria yang digariskan dalam surat wasiat Alfred Nobel.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya