Pemiliknya Meninggal, Anjing Ini Masih Setia Menunggunya Pulang

Mirip Hachiko, jadi ikutan terharu nih

Hohhot, IDN Times - Apakah kamu pernah mendengar cerita tentang seekor anjing Akita bernama Hachiko yang dengan setia selalu menunggu pemiliknya pulang kerja di sebuah stasiun di Jepang? Saking kesohornya, kisah mengharukan Hachiko itu sampai dibuat film dengan judul yang sama dengan namanya. Adalah Richard Gere yang bermain sebagai pemilik Hachiko.

Kini, kisah itu tak hanya menjadi milik Hachiko semata. Kisah anjing yang setia menunggui majikannya kembali itu juga terjadi di Hohhot, ibukota Provinsi Mongolia Dalam, Tiongkok. Anjing itu selalu terlihat di tempat yang sama di mana majikannya meninggal, tiga bulan lalu, tepatnya pada bulan Agustus.

1. Rekaman video yang mengharukan

https://www.youtube.com/embed/3brcV0NoJ3M

Media ABC.net Australia (13/11/2018) melaporkan, anjing itu diketahui telah menunggu majikannya di sebuah jalan raya yang sibuk di Kota Hohhot, sejak tanggal 21 Agustus 2018 lalu. Majikan anjing tersebut diketahui meninggal karena kecelakaan di jalan itu.

Rekaman anjing setia itu pertama kali menyebar adalah pada tanggal 10 November 2018 melalui komunitas microblog Sina Weibo. Hingga kini, video itu telah disaksikan sebanyak lebih dari 1,4 juta kali.

Baca Juga: Potret Serunya Kukur Tihar, Festival Anjing di Nepal

2. Orang-orang pun jadi terharu

Pemiliknya Meninggal, Anjing Ini Masih Setia Menunggunya PulangPeer Video via BBC.com

Banyak dari warganet Tiongkok yang terharu dengan sikap sang anjing yang dengan setia menunggu majikannya tersebut. Mereka yang tak sanggup membantu secara langsung, hanya bisa menuliskan rasa simpati dan dukungan mereka di media sosial.

"Aku akan menangis. Hei doggy, dia tidak akan kembali. Carilah majikan lain yang baik dan hiduplah dengan bahagia," tulis seorang pengguna media sosial Tiongkok, Weibo, seperti yang dikutip ABC.net Australia.

"Sepertinya hubungan antara anjing itu dan majikannya sudah sangat mendalam. Setelah majikannya meninggal, anjing itu tetap menunggu," cetus seorang sopir taksi yang selalu lewat di jalur sang anjing menunggu.

3. Mencari anggota keluarga majikan untuk sang anjing

Pemiliknya Meninggal, Anjing Ini Masih Setia Menunggunya PulangPeer Video via News Magazine

Sementara itu, media BBC menambahkan, orang-orang Tiongkok yang peduli, khususnya yang berdomisili di Hohhot, kemudian menjadi khawatir akan keselamatan sang anjing.

Beberapa dari mereka lantas berniat membantu, tetapi anjing tersebut selalu kabur setiap kali didekati. Akhirnya, para relawan yang baik itu hanya bisa meninggalkan makanan di tempat anjing itu menunggu pemiliknya.

"Akan sangat berbahaya kalau anjing itu selalu menunggu di tengah jalan seperti itu. Aku harap ada beberapa orang baik yang bisa mengadopsinya dan membawanya ke tempat yang aman," kata mereka.

Kantor Berita Tiongkok, Xinhua, seperti yang dikutip BBC melaporkan, para relawan setempat, sedang berusaha untuk mencari tahu identitas keluarga majikan sang anjing. Jika cara itu gagal, mereka akan memindahkan anjing itu ke tempat yang aman untuk hewan peliharaan.

Baca Juga: 11 Foto Menyedihkan Hewan-hewan yang Terancam Punah, Kasihan Banget

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya