Trump Ancam Negara yang Tak Dukung AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Termasuk di PBB?

Washington, IDN Times - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengancam akan menahan dukungan kepada negara-negara yang tidak mendukung pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2026 bersama oleh Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Pada tanggal 26 April 2018 waktu setempat, melalui akun Twitter-nya, Trump menulis:


AS telah mengajukan tawaran yang kuat dengan Kanada & Meksiko untuk Piala Dunia 2026. Akan sangat memalukan jika negara-negara yang selalu kami dukung justru melawan AS. Mengapa kami harus mendukung negara-negara yang tak mendukung kami? (Termasuk di PBB)?

1. Trump mendukung penuh

Trump Ancam Negara yang Tak Dukung AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026twitter.com/realDonaldTrump

Pengumuman resmi pengajuan tuan rumah dari tiga negara Amerika Utara itu dilakukan pada 10 April 2018 dalam sebuah konferensi pers di One World Observatory di World Trade Center, New York.

"Kami mendapat dukungan penuh dari pemerintah Amerika Serikat dalam proyek ini," cetus Presiden Federasi Sepak Bola Amerika Serikat Sunil Gulati, seperti yang dikutip CNN. 

"Presiden Amerika Serikat sepenuhnya mendukung dan mendorong kami untuk mengajukan tawaran tuan rumah bersama ini. Dia sangat senang Meksiko adalah bagian dari tawaran ini - dan itu dalam beberapa hari terakhir kami mendapat dorongan lebih lanjut tentang itu."

2. Kongres FIFA

Trump Ancam Negara yang Tak Dukung AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026fifa.com

Perlu diketahui, pada tanggal 13 Juni 2018 mendatang, Organisasi Sepak Bola Dunia (FIFA) bakal menggelar kongres untuk memilih tuan rumah Piala Dunia 2026 itu di Moskow, Rusia. Jika proses pemilihan berjalan alot, maka akan dibuka proses pencalonan kembali.

Seperti yang telah diketahui, Maroko juga telah mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, dilansir dari Nytimes.com. Presiden Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) Noel Le Graet mengatakan, bahwa FFF akan memilih Maroko. Walau begitu, Trump dijadwalkan bakal bertemu Presiden Prancis, Emmanuel Macron, minggu ini.

3. Timnas Amerika gagal melaju ke Piala Dunia 2018

Trump Ancam Negara yang Tak Dukung AS Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026wikimedia.org

Seperti yang telah diketahui, Piala Dunia FIFA 2018 akan berlangsung di Rusia. Namun demikian, para penggawa tim nasional Amerika Serikat dipastikan akan menonton dari rumah masing-masing. Sebelumnya, timnas Amerika kalah dari Trinidad Tobago 2-1 dalam sebuah pertandingan penentuan, dilansir dari Cnn.com.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya