Belasan Tewas dan Luka karena Desak-desakan saat Tahun Baru di India

PM Modi sampaikan ungkapan dukacita

Jakarta, IDN Times - Belasan orang dilaporkan tewas dalam insiden desak-desakan yang terjadi di sebuah kuil keagamaan di India, Sabtu (1/1/2022) pagi waktu setempat.

Selain itu, belasan orang lainnya juga mengalami luka-luka dalam insiden di Mata Vaishno Devi Bhawan yang terletak di Katra tersebut. Desak-desakan terjadi di luar tempat suci dari kuil di atas perbukitan Trikuta.

“Dua belas tewas, 13 terluka dalam desak-desakan di Mata Vaishno Devi Bhawan di Katra. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.45 pagi, dan sesuai laporan awal, sempat terjadi adu mulut yang m,engakibatkan warga saling dorong, disusul dengan kepanikan," kata Direktur Jenderal Polisi (DGP) Jammu dan Kashmir Dilbagh Singh kepada ANI, sebagaimana dikutip IDN Times dari Live Mint.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini 1 Januari 2022: Tasikmalaya Cerah Berawan Pagi Hari

1. Korban dari berbagai daerah

Belasan Tewas dan Luka karena Desak-desakan saat Tahun Baru di IndiaPerdana Menteri India Narendra Modi saat Hari Kemerdekaan India pada 15 Agustus 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Gopal Dutt, Petugas Medis Blok Community Health Center kepada kantor berita ANI mengatakan, para korban berasal dari berbagai daerah.

“Dua belas tewas dalam penyerbuan di kuil Mata Vaishno Devi di Katra. Korban dari Delhi, Haryana, Punjab, dan satu dari Jammu & Kashmir; lebih detail ditunggu," katanya.

2. Korban luka dibawa ke rumah sakit

Belasan Tewas dan Luka karena Desak-desakan saat Tahun Baru di IndiaPerdana Menteri India Narendra Modi memberikan penghormatan di tugu peringatan Mahatma Gandhi pada hari ulang tahun ke 150 Gandhi di Rajghat, India, pada 2 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

Gopal lebih lanjut mengatakan para korban luka telah dibawa ke Rumah Sakit Naraina setelah diselamatkan.

"Korban terluka dibawa ke Rumah Sakit Naraina setelah diselamatkan," kata dia. 

Baca Juga: 9 Aktor India Bertambah Usia Bulan Januari, Ada Hrithik Roshan

3. Ucapan duka PM Modi

Belasan Tewas dan Luka karena Desak-desakan saat Tahun Baru di IndiaANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

PM Narendra Modi mengungkapkan kesedihan atas kematian dalam insiden di Mata Vaishno Devi Bhawan di Katra, Jammu dan Kashmir itu.

"Turut berduka cita atas hilangnya nyawa akibat terinjak-injak di Mata Vaishno Devi Bhawan. Turut berduka cita untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga yang terluka segera pulih. Berbicara kepada JK LG Shri @manojsinha_ Ji, Menteri Shri @DrJitendraSingh , @nityanandraibjp Ji dan mengetahui situasinya," ujarnya melalui akun Twitter-nya.

Modi juga menyatakan akan ada santunan untuk keluarga korban dari pemerintah. 

“Pembayaran klaim secara ex-gratia masing-masing sebesar 200 ribu rupee dari PMNRF akan diberikan kepada keluarga terdekat, dari mereka yang kehilangan nyawa karena desak-desakan di Mata Vaishno Devi Bhawan di Katra, Jamu dan Kashmir. Korban terluka akan diberikan 50 ribu rupee," kata Modi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya