Comscore Tracker

Benedict Cumberbatch Ingin Ikut Tampung Pengungsi Ukraina

Inggris siap terima puluhan ribu pengungsi Ukraina

Jakarta, IDN Times – Orang Inggris akan diberi dana sebesar 350 poundsterling atau sekitar Rp6,5 juta sebulan untuk menampung orang-orang Ukraina yang melarikan diri dari perang. Pendanaan ini merupakan proyek baru yang diluncurkan minggu ini oleh pemerintah Inggris untuk membantu warga Ukraina.

Aktor Benedict Cumberbatch, yang memerankan tokoh superhero “Doctor Strange” ternyata berencana untuk ambil bagian dalam program ini.

Baca Juga: Hotel Chelsea Dibidik Buat Tampung Pengungsi dari Ukraina

1. Cumberbatch ingin ambil bagian

Benedict Cumberbatch Ingin Ikut Tampung Pengungsi UkrainaBenedict Cumberbatch dalam Sherlock BBC (Dok.BBC/Sherlock)

Cumberbatch mengatakan kepada Sky News dalam sebuah wawancara di British Academy Film Awards pada hari Minggu bahwa setiap orang perlu melakukan sebanyak yang mereka bisa untuk mendukung Ukraina, ketika Rusia melanjutkan serangannya yang tidak beralasan terhadap negara tersebut.

“Saya pikir hari ini telah tersiar kabar bahwa ada rekor jumlah orang yang secara sukarela membawa orang ke rumah mereka, saya berharap untuk menjadi bagian dari itu sendiri dan juga menyumbang ke badan amal yang dapat membantu orang dengan cara yang sangat nyata di lapangan, baik di Polandia atau di seberang perbatasan, jika aman untuk melakukannya,” kata Cumberbatch, dikutip dari CNBC Make It, Rabu (16/3/2022).

Badan pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan pada Jumat (11/3/2022) bahwa diperkirakan ada lebih dari 2,5 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga.

Baca Juga: Inggris Beri Warga Rp6,5 Juta Sebulan jika Tampung Pengungsi Ukraina

2. Menteri perumahan inggris juga ingin terima pengungsi

Benedict Cumberbatch Ingin Ikut Tampung Pengungsi UkrainaIlustrasi Suasana Inggris, UK (IDN Times/Anata)

Rincian mengenai proyek baru yang disebut “Rumah untuk Ukraina” itu telah disampaikan secara langsung oleh Menteri Perumahan Inggris Michael Gove dalam sebuah wawancara dengan BBC pada Minggu. Lewat proyek ini pemerintah akan memberi warga Inggris 350 poundsterling per bulan untuk menampung pengungsi Ukraina selama minimal enam bulan.

Gove mengatakan bahwa pemerintah Inggris meluncurkan portal online pada Senin bagi warga Inggris untuk mendaftarkan diri dalam rencana tersebut. Proses mencocokkan pengungsi dengan rumah yang ditawarkan di Inggris akan dimulai pada Jumat.

Gove juga mengatakan bahwa jajak pendapat telah menunjukkan ada ratusan ribu orang Inggris yang bersedia menerima pengungsi Ukraina. Lebih lanjut, Gove mengatakan dia sendiri sedang menjajaki kemungkinan menerima pengungsi.

Baca Juga: 10 Karakter Ikonik Benedict Cumberbatch, Jadi Peternak hingga Peneliti

3. Inggris ingin tampung puluhan ribu pengungsi

Benedict Cumberbatch Ingin Ikut Tampung Pengungsi UkrainaSeorang pria mengucapkan selamat tinggal kepada putrinya melalui jendela bus selama evakuasi penduduk lokal ke Rusia, di kota Donetsk yang dikuasai pemberontak, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko.

Menurut Home Office, per Minggu sore, sudah ada 4.000 orang yang diberikan visa Inggris di bawah Skema Keluarga Ukraina pemerintah. Gove berharap Inggris dapat menerima puluhan ribu pengungsi Ukraina.

Gove menambahkan bahwa dia ingin mengeksplorasi opsi untuk menggunakan properti oligarki Rusia yang terkena sanksi untuk tujuan kemanusiaan dan lainnya.

Pekan lalu, pemerintah Inggris menambahkan tujuh oligarki Rusia lainnya ke dalam daftar sanksinya, membekukan aset mereka dan memberlakukan larangan bepergian.

Daftar tersebut termasuk miliarder Roman Abramovich, yang mencoba menjual klub sepak bola Inggris Chelsea. Portofolio properti Abramovich termasuk rumah besar di Kensington senilai 150 juta pound dan penthouse Chelsea Waterfront yang dibeli seharga 22 juta pound pada 2018.

Selain itu, menurut pemerintah Inggris, dalam daftar itu juga ada miliarder Oleg Deripaska, yang memiliki portofolio properti multi-juta pound di Inggris.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya