Comscore Tracker

Berapa Rerata Biaya yang Dihabiskan Orang Amerika untuk Thanksgiving?

Amerika Serikat merayakan Thanksgiving Day pada 26 November

Jakarta, IDN Times – Amerika Serikat merayakan Thanksgiving Day atau Hari Pengucapan Syukur pada 26 November. Presiden AS Donald Trump juga turut merayakannya.

Trump memposting fotonya bersama Ibu Negara Melania Trump sedang menatap seekor kalkun di sosial medianya. Dalam foto itu terdapat ucapan selamat dari Trump.

“Semoga memiliki hari Thanksgiving yang sangat bahagia dan sehat,” bunyi ucapan tersebut.

Lalu, apa sebenarnya Thanksgiving Day hingga dirayakan di AS dan berapa biaya yang biasa dihabiskan orang Amerika untuk perayaan itu?

1. Sejarah singkat Thanksgiving Day

Berapa Rerata Biaya yang Dihabiskan Orang Amerika untuk Thanksgiving?Donald Trump dan istri rayakan Thanksgiving Day

Hari Thanksgiving adalah hari libur nasional di AS. Pada dasarnya Hari Thanksgiving dirayakan setiap Kamis keempat pada November. Oleh karenanya Thanksgiving 2020 jatuh pada Kamis, 26 November.

Menurut situs History, sejarah awal Thanksgiving bermula dari perayaan pesta panen musim gugur yang digelar koloni Plymouth dan penduduk asli Amerika Wampanoag pada 1621.

Selama lebih dari dua abad setelahnya, perayaan Thanksgiving hanya dilakukan oleh koloni dan negara bagian itu. Baru pada 1863, di tengah-tengah Perang Saudara, Presiden Abraham Lincoln mengumumkan Hari Thanksgiving nasional yang akan diadakan setiap November.

Baca Juga: 7 Menu Wajib saat Perayaan Thanksgiving, Semuanya Bikin Ngiler

2. Jadi hari konsumsi tertinggi di Amerika

Berapa Rerata Biaya yang Dihabiskan Orang Amerika untuk Thanksgiving?Ilustrasi ayam kalkun yang akan disajikan saat perayaan Thanksgiving (ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay)

Selain dikenal sebagai hari untuk menyampaikan rasa syukur, Hari Thanksgiving juga dikenal sebagai hari konsumsi makanan tertinggi dalam setahun di negara itu.

Hari Thanksgiving biasanya diikuti oleh Black Friday yang menandai awal musim belanja Natal. Black Friday sendiri kerap diartikan sebagai hari belanja tersibuk dan hari dengan omset ritel tertinggi setiap tahunnya di Amerika Serikat.

3. Rata-rata pengeluaran orang Amerika untuk perayaan Thanksgiving

Berapa Rerata Biaya yang Dihabiskan Orang Amerika untuk Thanksgiving?Ilustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Biaya yang dihabiskan oleh orang Amerika untuk merayakan Thanksgiving Day biasanya berbeda setiap tahunnya karena dipengaruhi berbagai hal, termasuk harga makanan yang dikonsumsi selama acara.

Menurut American Farm Bureau Federation, harga makanan Thanksgiving untuk 10 orang yaitu rata-rata sekitar 46,90 dolar AS atau Rp650 ribu tahun ini. Jumlah itu turun sekitar 2 dolar dari harga 2019 yang sebesar 48,91 dolar AS.

“Biaya rata-rata makan malam Thanksgiving tahun ini adalah yang terendah sejak 2010,” kata John Newton, kepala ekonom Biro Pertanian, dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilaporkan CNBC Make It.

Angka yang dihitung oleh American Farm Bureau Federation itu merupakan hasil survei yang didasarkan pada lebih dari 230 survei biaya yang dilakukan oleh pembeli di 50 negara bagian. Setelah menyesuaikan inflasi, Biro itu menemukan bahwa harga makan malam Thanksgiving adalah sekitar 18 dolar. Survei itu sendiri telah dilakukan selama 35 tahun terakhir.

Baca Juga: Ngeyel, Jutaan Warga AS Ngotot Mudik Jelang Perayaan Thanksgiving

4. Tradisi dan Ritual Thanksgiving

Berapa Rerata Biaya yang Dihabiskan Orang Amerika untuk Thanksgiving?Ilustrasi Breakfast (IDN Times/Anata)

Di banyak rumah tangga Amerika, perayaan Thanksgiving telah kehilangan banyak makna religius aslinya. Sekarang ini perayaan lebih berpusat pada memasak dan berbagi makanan yang melimpah dengan keluarga dan teman.

Kalkun adalah makanan pokok Thanksgiving yang ada di mana-mana sehingga dijadikan sebagai ciri khas dari perayaan ini. Menurut laporan National Turkey Federation, tiap Thanksgiving hampir 90 persen orang Amerika memakan daging unggas itu. Makanan tradisional lainnya termasuk isian, kentang tumbuk, saus cranberry, dan pai labu.

Pada Hari Thanksgiving, orang-orang atau komunitas di negara itu biasanya melakukan kegiatan sosial dan menjadi sukarelawan, di mana sering mengadakan acara makan malam bersama dan mengadakan makan malam gratis bagi yang kurang beruntung.

Baca Juga: Ngeyel, Jutaan Warga AS Ngotot Mudik Jelang Perayaan Thanksgiving

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya