Dukung Penyetopan Kekerasan di Myanmar, Australia Suntik ASEAN $5 Juta

Australia juga berkomitmen kuat untuk mendukung upaya ASEAN

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan Australia menyambut baik diselenggarakannya Pertemuan Pemimpin ASEAN di Jakarta kemarin, dan diskusi tentang krisis di Myanmar.

Dalam pernyataannya, ia juga menekankan bahwa sejak kudeta 1 Februari, Australia secara konsisten menyerukan rezim militer untuk mengekang diri, menahan diri dari kekerasan, membebaskan semua yang ditahan dan mengambil bagian dalam dialog.

“Australia mengutuk penggunaan kekuatan mematikan terus menerus dan mengerikan terhadap warga sipil di Myanmar, termasuk perempuan dan anak-anak. Kami terus prihatin dengan implikasi dari memburuknya situasi di Myanmar terhadap stabilitas regional,” katanya dalam pernyataan yang diterima IDN Times, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: Australia Batalkan Perjanjian Belt and Road dengan Tiongkok

1. Mendesak penerapan lima poin konsensus ASEAN

Dukung Penyetopan Kekerasan di Myanmar, Australia Suntik ASEAN $5 JutaIlustrasi ASEAN dan 10 negara anggotanya (www.asean-competition.org)

Payne lebih lanjut mengatakan Australia memuji kepemimpinan ASEAN dan kepemimpinan Brunei Darussalam sebagai Ketua ASEAN. Di mana mereka, meski dalam keadaan sulit, mempertemukan pihak-pihak regional untuk bersama-sama membahas krisis di Myanmar.

Ia juga mengatakan Australia menyambut baik lima poin konsensus tentang situasi di Myanmar. Kelima poin konsensus itu yakni, segera menghentikan kekerasan; dimulainya dialog membangun di antara semua pihak terkait; utusan khusus Ketua ASEAN yang akan memfasilitasi mediasi proses dialog, dengan bantuan Sekretaris Jenderal ASEAN; pemberian bantuan kemanusiaan ASEAN melalui Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan terhadap Pengendalian Bencana; dan kunjungan ke Myanmar oleh Utusan Khusus dan delegasi untuk bertemu dengan seluruh pihak terkait.

“Sebagai Mitra Dialog pertama ASEAN, kami berkomitmen kuat untuk mendukung upaya ASEAN secara konstruktif, dan kami mendesak penerapan lima poin konsensus segera mungkin,” jelasnya.

2. ASEAN sebagai inti dari Indo-Pasifik yang terbuka

Dukung Penyetopan Kekerasan di Myanmar, Australia Suntik ASEAN $5 JutaMarise Payne dari Australia yang ikut mengecam aksi Tiongkok. (instagram.com/marise.payne)

Payne juga mengatakan Australia memandang ASEAN sebagai inti dari Indo-Pasifik yang terbuka, stabil, dan tangguh.

“Ini memiliki peran penting untuk dilakukan dalam memetakan jalan keluar dari krisis saat ini,” katanya.

Baca Juga: ASEAN Capai Konsensus soal Krisis Myanmar, Ini Respons Pemimpin Junta

3. Dukungan senilai 5 juta dolar Australia

Dukung Penyetopan Kekerasan di Myanmar, Australia Suntik ASEAN $5 JutaPendemo memprotes kudeta militer di Yangon, Myanmar, Rabu (17/2/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer

Dalam pernyataannya, Payne juga menyebut bahwa untuk mendukung upaya tersebut dan lima poin konsensus yang disepakati pada Pertemuan Pemimpin ASEAN, Australia akan memberikan 5 juta dolar Australia kepada Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan ASEAN untuk Pengendalian Bencana guna menyediakan bantuan kemanusiaan kepada Myanmar.

“Australia akan terus bekerja sama dengan mitra regional kami, khususnya ASEAN, untuk meredakan situasi di Myanmar dan mendukung upaya regional menuju penyelesaian masalah,” katanya.

“Pengaturan kebijakan Australia tentang Myanmar, termasuk opsi sanksi, akan terus ditinjau untuk mendukung rakyat Myanmar,” tambah Payne.

Baca Juga: Kudeta Myanmar: ASEAN Problem Solver atau Hanya Event Organizer?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya