Comscore Tracker

Gempa Kuat Guncang Tajikistan, Terasa Sampai India dan Pakistan

Tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter melanda Tajikistan pada Jumat (12/2/2021) malam waktu setempat. Gempa itu dirasakan sampai India dan sejumlah negara di dekatnya.

“Survei Geologi Amerika Serikat (AS) menyebutkan kekuatan gempa 5,9 dan berpusat di 35 km barat Tajikistan di Asia Tengah,” lapor Deccan Herald, Sabtu.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,7 Selandia Baru, Indonesia Aman dari Tsunami

1. Getaran sampai ke India

Gempa Kuat Guncang Tajikistan, Terasa Sampai India dan PakistanWarga dari komunitas nelayan berjalan dalam sebuah prosesi untuk Narali Purnima atau festival kelapa di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Mumbai, India, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Francis Mascarenhas)

Gempa tersebut dirasakan oleh jutaan orang terutama di daerah padat penduduk di utara Pakistan dan India. Beberapa wilayah India yang merasakan getaran gempa termasuk Jammu dan Kashmir, Punjab, Haryana, Himachal Pradesh, Delhi-NCR dan Uttarakhand, menurut.

“Saat orang-orang bersiap untuk tidur pada hari Jumat, getaran kuat dirasakan oleh penduduk di India utara dan di Pakistan dan Afghanistan,” menurut Deccan Herald.

Media itu menambahkan bahwa menurut departemen pemerintah, tidak ada laporan awal kerusakan kritis pada bangunan dan infrastruktur atau korban di negara bagian utara setelah gempa terjadi.

“Laporan awal menunjukkan tidak ada kerusakan atau runtuhnya bangunan tetapi kami akan memeriksa apakah retakan telah berkembang di bendungan, jembatan atau pembangkit listrik,” kata S K Singh, seorang pejabat di Otoritas Manajemen Bencana Nasional di New Delhi.

2. Tajikistan terletak di seismik aktif

Gempa Kuat Guncang Tajikistan, Terasa Sampai India dan PakistanRekaman seismik BMKG soal dentuman di Kabupaten Buleleng. (Instagram/DaryonoBMKG)

Menurut laporan, seluruh wilayah Asia Tengah bagian selatan, termasuk Tajikistan, terletak di sabuk seismik aktif tempat sering terjadi gempa bumi hebat.

“Ahli seismologi telah lama mempelajari wilayah tersebut, terutama yang berkaitan dengan bendungan pembangkit listrik tenaga air besar-besaran dan pekerjaan umum lainnya di daerah tersebut,” kata DNA India.

Baca Juga: Gletser Pecah di India, Ratusan Jiwa Dikabarkan Hilang

3. Wilayah pegunungan terjal

Gempa Kuat Guncang Tajikistan, Terasa Sampai India dan Pakistan(Pegunungan Himalaya terlihat jelas di masa lockdown di India) www.twitter.com/@gauravbhanu89

Tajikistan adalah negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan Afghanistan, Tiongkok, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan.

Negara ini terkenal dengan pegunungan terjal, yang populer untuk hiking dan memanjat. Pegunungan Fann, dekat ibu kota nasional Dushanbe, memiliki puncak yang tertutup salju setinggi lebih dari 5.000 meter. Rentang ini mencakup Cagar Alam Iskanderkulsky, habitat burung terkenal yang dinamai Iskanderkul, danau biru kehijauan yang dibentuk oleh gletser.

Lebih dari sembilan per sepuluh wilayah Tajikistan adalah pegunungan. Di mana sekitar setengahnya terletak 3.000 meter atau lebih di atas permukaan laut.

Baca Juga: Jarang Didengar Orang, Ternyata Tajikistan Punya 9 Hal Unik Ini, Lho!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya