Jeff Bezos Bakal Terbang ke Luar Angkasa pada Juli

Bezos ikut penerbangan penumpang pertama Blue Origin

Jakarta, IDN Times - Jeff Bezos akan terbang ke luar angkasa dengan penerbangan penumpang pertama dari perusahaan luar angkasanya, Blue Origin.

Menurut Bezos dalam pengumuman Senin, 7 Juni 2021, penerbangan itu rencananya akan diluncurkan perusahaan pada 20 Juli. Hari ini bertepatan dengan peringatan 52 tahun pendaratan Apollo 11 di bulan.

“Saya ingin melakukan penerbangan ini, karena itu adalah hal yang ingin saya lakukan sepanjang hidup saya,” kata Bezos dalam sebuah video yang diunggah ke Instagram-nya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Jeff Bezos, Rumus Kesuksesan Rupanya Gak Ada!

1. Saudara Bezos ikut ke luar angkasa

Jeff Bezos Bakal Terbang ke Luar Angkasa pada Juliinstagram.com/blueorigin

Menurut CNBC, saudara laki-laki Bezos, Mark, akan bergabung denganny. Begitu pula pemenang lelang yang diadakan untuk salah satu kursi penerbangan ke luar angkasa itu.

Tawaran tertinggi dalam lelang telah mencapai angka 2,8 juta dolar Amerika Serikat (AS) pada Senin pagi, lima hari sebelum lelang ditutup.

“Saya bahkan tidak mengharapkan dia untuk mengatakan bahwa dia akan berada di penerbangan pertama,” kata Mark Bezos dalam video tersebut. “Kesempatan yang luar biasa, tidak hanya untuk memiliki petualangan ini tetapi untuk melakukannya dengan sahabat saya.”

2. New Shepard telah menerbangkan lebih dari selusin penerbangan uji coba

Jeff Bezos Bakal Terbang ke Luar Angkasa pada JuliBlue Origin membawa serta manekin Skywalker untuk lakukan penelitan lanjutan. (Instagram.com/educatingspace)

Sistem pariwisata ruang angkasa Blue Origin, New Shepard, sebuah roket yang membawa kapsul ke tepi ruang angkasa, telah menerbangkan lebih dari selusin penerbangan uji coba yang berhasil tanpa penumpang. Salah satu penerbangan itu dilakukan pada April di fasilitas perusahaan di gurun Texas.

New Shepard dirancang untuk membawa hingga enam orang dalam perjalanan melewati tepi ruang angkasa, dengan kapsul pada penerbangan uji sebelumnya mencapai ketinggian lebih dari 100 kilometer.

Kapsul tersebut memiliki jendela besar yang memungkinkan penumpang melihat pemandangan luar angkasa, saat menghabiskan beberapa menit dalam gravitasi nol sebelum kembali ke bumi.

Roket akan diluncurkan secara vertikal, di mana pendorong akan terlepas dan kembali mendarat di landasan beton di dekatnya. Sementara, kapsul akan kembali mendarat dengan lembut di padang pasir dengan bantuan satu set parasut untuk memperlambat lajunya saat kembali.

Baca Juga: Jeff Bezos Menjual Sebagian Saham Amazon Miliknya

3. Petualangan yang mengubah penumpangnya

Jeff Bezos Bakal Terbang ke Luar Angkasa pada JuliBlue Origin sukses uji coba New Shepard yang ke-14 kalinya. (Instagram.com/blueorigin)

Bezos yang merupakan salah satu orang terkaya di bumi itu mengatakan, penerbangan ini akan menjadi petualangan yang mengubah pesertanya.

“Untuk melihat bumi dari luar angkasa, itu mengubah Anda,” kata CEO Amazon itu. “Ini sebuah petualangan; itu urusan besar bagi saya.”

Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000 dan memiliki perusahaan sepenuhnya. Ia mendanainya melalui penjualan saham Amazon yang dimilikinya.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya