Kapal Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Tengah Samudra Atlantik

Mobil yang diangkut termasuk Porsche dan Volkswagen

Jakarta, IDN Times - Sebuah kapal kargo yang penuh dengan mobil mewah terbakar di tengah Samudra Atlantik. Para kru telah menyelamatkan diri meninggalkan kapal, membuat kapal terbengkalai terombang-ambing di tengah laut.

CNN melaporkan, Jumat (18/2/2022), kapal pengangkut mobil yang disebut Felicity Ace roll-on/roll-off itu terbakar di Atlantik Utara pada Rabu (16/2/2022). Kapal membawa muatan dari Emden, Jerman, menuju Davisville, Rhode Island, Amerika Serikat.

Isi dari kargo yang terbakar termasuk mobil mewah Porsche dan Volkswagen.

Baca Juga: FedEx Minta Izin Pasang Sistem Anti-Rudal di Pesawat Kargo

1. Kebakaran di ruang kargo

Kapal Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Tengah Samudra AtlantikIlustrasi kapal di Tanjung Perak. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menurut sebuah pernyataan Angkatan Laut Portugal, pada saat kebakaran terjadi, kapal sedang berlayar di laut yang jaraknya 90 mil barat daya dari Azores Portugal. Setelah kebakaran terjadi di ruang kargo, api menyebar dan memaksa 22 awak kapal untuk meninggalkan kapal.

Para kru telah dijemput dengan aman dan dibawa ke hotel setempat. Mereka menyebut penyelamatan dikoordinasikan Pusat Koordinasi Pencarian dan Penyelamatan Maritim Ponta Delgada.

“Belum ada sumber polusi yang terlihat dari api,” menurut pernyataan itu.

2. Tanggapan Porsche

Kapal Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Tengah Samudra AtlantikPorsche Virtual Showroom Indonesia (Dok. IDN Times)

Pemilik kapal dilaporkan telah mengatur upaya untuk menarik kapal karena terus terbakar. Felicity Alice terdaftar di Panama dan dioperasikan oleh lini pelayaran Jepang Mitsui O.S.K. Lines. MOL belum memberikan komentar atas kebakaran tersebut.

Di sisi lain, Porsche telah mengkonfirmasi kepada CNN Business bahwa sejumlah mobilnya termasuk di dalam kargo. Para pelanggan yang mobil pesanannya ada di atas kapal yang terbakar sedang dihubungi oleh dealer Porsche.

“Meskipun masih terlalu dini untuk mengonfirmasi apa yang terjadi dan langkah selanjutnya, kami -- bersama rekan-rekan kami di Porsche AG -- mendukung pelanggan dan dealer kami sebaik mungkin untuk menemukan solusi,” kata Angus Fitton, Wakil Presiden Hubungan Masyarakat di Porsche Cars Amerika Utara.

“Kami sedang berhubungan dengan perusahaan pelayaran dan rincian mobil di kapal sekarang diketahui,” katanya.

Baca Juga: Kapal Kargo Sri Lanka Karam, Ratusan Hewan Laut Terdampar

3. Calon pelanggan telah dihubungi

Kapal Pengangkut Mobil Mewah Terbakar di Tengah Samudra AtlantikVW Split Screen atau VW Dakota dipamerkan di Jogja Volkswagen Festival 2019_IDNTimes/Holy Kartika

Salah satu pelanggan Porsche yang mobil pesanannya ada di dalam kargo adalah jurnalis dan pembawa acara Matt Farah. Ia mengatakan sedang menunggu pengiriman Porsche Boxster Spyder 2022 dan sudah menerima kabar dari dealer tentang status kendaraannya.

“Dealer mengkonfirmasi bahwa mobil saya, bersama dengan setidaknya belasan kendaraan lain yang mereka harapkan, ada di kapal itu,” kata Farah. “Mereka tidak memiliki informasi lebih lanjut untuk saya selain memastikan mobil saya ada di kapal, dan mengatakan bahwa segera setelah Porsche Cars Amerika Utara memiliki rencana apa pun tentang bagaimana kelanjutannya, mereka akan mengabarkan rencana itu kepada saya.”

Volkswagen juga memiliki pelanggan yang menunggu mobil yang dimuat di kapal kargo yang terbakar. “Kami mengetahui insiden yang melibatkan kapal kargo pihak ketiga yang mengangkut kendaraan Grup Volkswagen melintasi Atlantik. Kapal itu sedang dalam perjalanan ke Amerika Utara,” kata Dirk Ameer, juru bicara Volkswagen.

“Saat ini, kami tidak mengetahui apakah ada cedera. Kami sedang menghubungi perusahaan pelayaran untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang insiden tersebut,” tambahnya.

Felicity Ace dapat membawa lebih dari 17 ribu metrik ton kargo, menurut Associated Press. Itu berarti kapal mampu membawa ribuan mobil di dalamnya.

Angkatan Laut Portugal mengatakan pada Kamis bahwa kebakaran masih berlangsung, dan sebuah kapal patroli laut tetap disiagakan di lokasi untuk memantau kapal yang ditinggalkan.

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya