Korsel Janjikan Rp2,8 Triliun untuk Program Vaksin COVID-19 Global

Sumbangan akan diberikan selama dua tahun

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan telah berjanji menyumbangkan 200 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp2,8 triliun untuk program COVAX, kata Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) pada Jumat, 18 Juni 2021.

“Republik Korea menjanjikan kontribusi total 100 juta dolar AS tahun ini, dan 100 juta dolar AS lagi pada 2022 dalam bentuk kombinasi kontribusi keuangan dan setaranya,” kata Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, menurut pernyataan GAVI.

COVAX, yang didukung GAVI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bertujuan mengamankan 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021. Program ini bertujuan untuk memasok vaksin virus corona atau COVID-19 ke negara-negara berpenghasilan rendah.

Baca Juga: Vietnam Mau Produksi Vaksin COVID-19 untuk Memasok COVAX

1. Vaksinasi belum merata di belahan dunia

Korsel Janjikan Rp2,8 Triliun untuk Program Vaksin COVID-19 GlobalIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Saat ini, negara-negara kaya telah melakukan kampanye vaksinasi yang kuat dan telah memvaksinasi sebagian besar populasi mereka. Sementara sebagian besar dunia lain masih tertinggal jauh di belakang.

Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak gelombang kasus COVID-19 yang dapat menghasilkan varian virus baru.

2. Korsel janji sumbangkan vaksin

Korsel Janjikan Rp2,8 Triliun untuk Program Vaksin COVID-19 GlobalCOVAX/Gavi.org

Korea Selatan bukan satu-satunya negara yang berjanji menyumbangkan vaksin COVID-19. Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, para pemimpin negara-negara kaya Kelompok Tujuh (G7) juga telah sepakat menjanjikan 870 juta dosis vaksin.

Mereka menargetkan memberikan setidaknya setengahnya pada akhir tahun ini, menurut Channel News Asia.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyambut baik langkah ini pada Senin lalu, tetapi mengatakan lebih banyak dosis diperlukan dan sangat dibutuhkan segera.

Baca Juga: Paspor Vaksin COVID-19 Korea Selatan akan Dilindungi Blockchain

3. COVAX, aliansi dunia untuk pemerataan vaksin ke negara-negara miskin

Korsel Janjikan Rp2,8 Triliun untuk Program Vaksin COVID-19 GlobalIlustrasi kemasan vaksin hasil program global COVAX yang segera disalurkan. (WHO.int)

COVAX merupakan sebuah inisiatif yang dipimpin aliansi vaksin GAVI, WHO dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). Tujuan utama dibentuknya aliansi ini adalah untuk memastikan akses yang adil ke vaksin COVID-19 untuk negara-negara miskin.

Aliansi ini diluncurkan pada April oleh WHO, Komisi Eropa, dan Prancis, sebagai tanggapan atas pandemik COVID-19 yang melanda dunia.

“Menyatukan pemerintah, organisasi kesehatan global, produsen, ilmuwan, sektor swasta, masyarakat sipil, dan filantropi, dengan tujuan menyediakan akses inovatif dan setara ke diagnostik, perawatan, dan vaksin COVID-19,” sebut GAVI di situs resminya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya