Comscore Tracker

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Diri

Mengundurkan diri setelah menerima mosi tidak percaya

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Sergio Mattarella pada Selasa (26/1/2021). Langkah itu dilakukan setelah dirinya mendapat mosi tidak percaya dari parlemen.

“Conte menyerahkan pengunduran dirinya kepada Presiden Sergio Mattarella,”  demikian pernyataan Istana Presiden seperti dikutip dari CNN.

Baca Juga: Italia Akan Gugat AstraZeneca dan Pfizer Lewat Jalur Hukum

1. Krisis politik Italia

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan DiriPerdana Menteri Italia petahana, Giuseppe Conte. (Instagram.com/giuseppeconte_ufficiale)

Pengunduran diri Conte dilakukan di tengah kisruh politik yang terjadi di negara tersebut. Menurut laporan, Conte telah menerima dua mosi tidak percaya pekan lalu.

Conte kehilangan mayoritas di Senat setelah pendahulunya, Matteo Renzi, menarik partai Viva Italia dari koalisi yang berkuasa. Alasan penarikan karena merasa frustasi dengan manajemen pemerintah atas pandemik COVID-19 dan resesi.

Baca Juga: Italia Akan Gugat AstraZeneca dan Pfizer Lewat Jalur Hukum

2. Kemungkinan membangun koalisi baru

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan DiriPerdana Menteri Italia petahana, Giuseppe Conte. (Instagram.com/giuseppeconte_ufficiale)

Meski telah mengundurkan diri, Conte masih memiliki kemungkinan untuk membangun koalisi baru jika dirinya yang bukan anggota partai itu mendapat cukup dukungan.

“Presiden akan memulai konsultasi dengan para pemimpin partai politik utama negara itu pada Rabu sore,” kata pernyataan itu.

Selain itu, pemerintah juga bisa mengadakan pemilihan cepat untuk memecahkan kebuntuan. Itu berarti Italia akan menggelar pemilihan cepat dua tahun lebih awal dari jadwal seharusnya.

“Presiden Republik mempertahankan keputusannya dan telah meminta pemerintah untuk tetap menjabat untuk pengelolaan urusan biasa,” kata pernyataan itu.

Baca Juga: 10 Istilah Keren dalam Sepak Bola Italia, Tahu Scudetto dan Giornata?

3. Bukan krisis politik pertama

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Dirieturbonews.com

Apa yang terjadi di Italia saat ini bukanlah krisis pertama yang dihadapi negara tersebut. Italia telah melalui beberapa krisis politik sejak akhir Perang Dunia II dan telah mengadakan banyak pemilihan cepat sebelum pemerintahan yang menjabat menyelesaikan masa pemilihan mereka. Conte adalah pemimpin ke-66 negara itu dalam 75 tahun.

Di sisi lain, pengunduran diri itu dilakukan di tengah krisis kesehatan yang sedang melanda negara tersebut.

Italia merupakan salah satu negara yang memiliki kasus COVID-19 terbanyak, yaitu berada di peringkat ke-8 pada hari ini, Rabu (27/1/2021) dengan total 2.485.956 kasus. Menurut Worldometers, dari total tersebut sebanyak 86.422 orang meninggal dunia dan 1.917.117 sembuh.

Baca Juga: Pemerintah Italia Usut Kematian Bocah 10 Tahun karena TikTok

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya