Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah Sakit

Bolsonaro mengalami penyumbatan usus

Jakarta, IDN Times – Presiden Brasil Jair Bolsonaro dirawat di rumah sakit karena masalah penyumbatan usus setelah jatuh sakit saat liburan.

Bolsonaro memposting fotonya yang terbaring di ranjang rumah sakit di Twitternya. Ia menuliskan keterangan bahwa dokter telah memasukkan tabung nasogastrik dan sedang mengevaluasi kemungkinan operasi.

Pada Senin (3/1/2021), dokter mengatakan bahwa kondisi Bolsonaro telah membaik.

Baca Juga: Brasil: Banjir Tewaskan 20 Orang, 72 Kota Berstatus Darurat

1. Riwayat kesehatan Bolsonaro

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah SakitPresiden Jair Bolsonaro pada tahun 2019. (Wikimedia.org/Alan Santos)

BBC melaporkan bahwa Bolsonaro yang berusia 66 tahun telah dirawat di rumah sakit beberapa kali, sejak ditikam di perut pada saat kampanye presiden tahun 2018.

Dalam tweet-nya, Bolsonaro mengatakan, dia mulai merasa tidak enak badan pada Minggu sore setelah makan siang. Dia diterbangkan dari negara bagian selatan Santa Catarina, tempat dia berlibur, untuk segera dirawat di rumah sakit Vila Nova Star di São Paulo.

2. Insiden penusukan Bolsonaro

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah SakitPresiden Brasil, Jair Bolsonaro, sedang berpidato di sebuah pertemuan pada Desember 2020. (Facebook.com/Jair Messias Bolsonaro)

Siaran televisi menunjukkan, Bolsonaro berjalan menuruni tangga pesawat kepresidenan setelah mendarat pada Senin dini hari.

Bolsonaro mengatakan, gejalanya sama dengan yang menyebabkan dia dirawat empat hari di rumah sakit pada Juli lalu. Ia mengatakan, penusukan adalah akar penyebab masalah kesehatannya. Bolsonaro terluka parah dalam serangan tahun 2018 lalu, dan telah melakukan setidaknya empat operasi sejak itu.

Namun, dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh Reuters pada Senin, dokter mengatakan kondisinya membaik, tetapi belum diketahui apakah dia akan memerlukan operasi lebih lanjut.

Baca Juga: Brasil Tolak Bantuan Penanganan Banjir Bandang dari Argentina

3. Bolsonaro ingin mencalonkan diri lagi

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Dirawat di Rumah SakitPresiden Brasil, Jair Bolsonaro, saat memeriksa barisan pengawal dalam sebuah acara kenegaraan pada September 2020. (Facebook.com/Jair Messias Bolsonaro)

Presiden sayap kanan yang mulai menjabat pada 2019 itu, berencana untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilihan yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober mendatang. Rencana ini beredar meskipun popularitas Bolsonaro telah menurun dalam beberapa bulan terakhir, karena tanggapan pemerintahannya yang buruk terhadap pandemik dan penurunan ekonomi negara itu telah banyak dikritik.

Bulan lalu Bolsonaro juga mendapat kecaman, karena tetap melanjutkan liburan pantainya saat banjir melanda negara bagian Bahia di timur laut. Kejadian ini menewaskan sedikitnya 25 orang. Saat itu Bolsonaro memposting video dirinya sedang bermain jet ski di antara kerumunan pendukung yang bersorak.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya