Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Meninggal Dunia

Ia sudah memimpin Uni Emirat Arab sejak 2004

Jakarta, IDN Times – Presiden Uni Emirat Arab (UEA) dan Penguasa Abu Dhabi Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat (13/5/2022). Kabar duka tersebut disampaikan oleh Kementerian Urusan Kepresidenan negara tersebut.

“Kementerian Kepresidenan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat UEA, negara-negara Arab dan Islam, dan dunia atas meninggalnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UEA,” menurut pernyataan kementerian, dikutip dari Asianet News.

1. Sheikh Khalifa sudah memimpin UEA sejak 2004

Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Meninggal DuniaSuasana di salah satu gedung tinggi yang ada di Uni Emirat Arab. (Pixabay.com/kamzyw)

Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan telah menjabat sebagai Presiden UEA dan Penguasa Abu Dhabi sejak 3 November 2004. Dia terpilih untuk menggantikan ayahnya, mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan merupakan presiden pertama UEA dari awal serikat pada tahun 1971 hingga kematiannya pada 2 November 2004.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Sharjah-UEA, Gak Kalah Keren dari Dubai

2. Tentang Sheikh Khalifa

Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Meninggal DuniaANTARA FOTO/Andrew Caballero-Reynolds/Pool via Reuters

Sheikh Khalifa yang lahir pada tahun 1948 adalah Presiden kedua Uni Emirat Arab dan Penguasa ke-16 Emirat Abu Dhabi. Dia adalah putra sulung Sheikh Zayed. Sheikh Khalifa telah memimpin reorganisasi besar-besaran dari Administrasi Federal dan pemerintah Abu Dhabi sejak menjadi Presiden UEA.

Di bawah kepemimpinannya, UEA telah mengalami perkembangan pesat, memastikan standar hidup yang adil bagi warganya. Setelah terpilih sebagai Presiden, Sheikh Khalifa meluncurkan rencana strategis pertama pemerintah UEA untuk mencapai pertumbuhan yang seimbang dan berkelanjutan, yang bertujuan memastikan kemakmuran warga UEA dan penduduknya.

3. Sosok yang rendah hati

Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan Meninggal DuniaMenteri-menteri Uni Emirat Arab sedang melaksanakan Rapat Kabinet. twitter.com/uaegov

Sheikh Khalifa telah mengawasi pertumbuhan industri minyak dan gas, serta sektor hilir, yang secara efektif berkontribusi pada diversifikasi ekonomi negara. Selanjutnya, ia memulai upaya untuk memodernisasi prosedur pencalonan untuk anggota Dewan Nasional Federal, yang dipandang sebagai langkah pertama menuju pengenalan pemilihan langsung di UEA.

Sheikh Khalifa terkenal sebagai pendengar yang baik, rendah hati, dan sangat perhatian pada rakyatnya. Dia merupakan sosok yang disukai di UEA dan di seluruh wilayah. Dia juga disebut secara teratur melakukan kunjungan langsung melalui misi resmi dan acara lainnya.

Baca Juga: Temui Putra Mahkota UEA, Prabowo Serahkan Surat Jokowi dan Pistol Emas

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya