Usai Cerai, Isu Perselingkuhan Bill Gates Jadi Sorotan

Bill Gates juga disebut telah meninggalkan dewan Microsoft

Jakarta, IDN Times – Dunia baru-baru ini dihebohkan dengan kabar perceraian miliarder pendiri Microsoft, Bill Gates dan istrinya, Melinda, setelah menikah selama 27 tahun. Pada saat itu keduanya mengumumkan kabar perceraian tersebut di Twitter masing-masing tanpa memberitahu penyebabnya.

Belum hilang kabar itu dari ingatan, pada Minggu (16/5/2021), Wall Street Journal melaporkan bahwa sebelum bercerai, Bill Gates telah mundur dari dewan Microsoft pada 2020. Ia meninggalkan dewan ketika dewan tersebut sedang melakukan penyelidikan atas hubungan romantis sang miliarder dengan seorang karyawan perempuan.

Pendiri dan mantan pimpinan raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) itu mengundurkan diri dari kursi dewan pada Maret 2020.

“Anggota dewan Microsoft Corp memutuskan bahwa Bill Gates perlu mundur dari dewannya pada tahun 2020, saat mereka melakukan penyelidikan terhadap hubungan romantis miliarder sebelumnya dengan seorang karyawan perempuan Microsoft yang dianggap tidak pantas,” lapor Journal, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Baca Juga: Selain Bill Gates, 7 Orang Terkaya Dunia yang Juga Ceraikan Istri

1. Telah diakhiri secara damai

Usai Cerai, Isu Perselingkuhan Bill Gates Jadi SorotanBill Gates (thenational.ae)

Seorang juru bicara Gates mengatakan kepada Journal, bahwa isu perselingkuhan itu adalah masalah lama, terjadi hampir 20 tahun lalu dan telah berakhir secara damai.

Menurut juru bicara tersebut, alasan Gates meninggalkan Microsoft adalah agar bisa lebih fokus pada organisasi filantropisnya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Organisasi ini merupakan badan amal yang didirikan Bill dan Melinda pada tahun 2000, yang bertujuan untuk memerangi kemiskinan dan penyakit global.

2. Perselingkuhan terjadi pada tahun 2000

Usai Cerai, Isu Perselingkuhan Bill Gates Jadi SorotanBill Gates (wallpapercave.com)

Menurut Channel News Asia, seorang juru bicara Microsoft mengatakan kepada AFP bahwa perusahaan telah diberitahu pada paruh kedua 2019 bahwa Bill telah berusaha untuk memulai hubungan intim dengan seorang karyawan perusahaan pada tahun 2000.

“Sebuah komite dewan meninjau kekhawatiran tersebut, dibantu oleh firma hukum luar, untuk melakukan penyelidikan menyeluruh,” kata juru bicara itu.

“Karyawan tersebut, seorang insinyur, dalam sebuah surat mengklaim telah melakukan hubungan seksual dengan Gates selama bertahun-tahun,” menurut Journal.

Journal juga melaporkan bahwa beberapa anggota dewan juga menyelidiki tentang relasi antara Gates dan pemodal Jeffrey Epstein, yang bunuh diri di penjara pada 2019 saat menunggu persidangan karena diduga memperdagangkan anak di bawah umur.

“Tim Gates meyakinkan dewan direksi pendiri Microsoft telah bertemu Epstein untuk alasan filantropis dan menyesal melakukannya,” tulis Journal.

Baca Juga: Profil Melinda Gates, Mantan Istri Bill Gates yang Kaya dan Dermawan

3. Perceraian Bill dan Melinda

Usai Cerai, Isu Perselingkuhan Bill Gates Jadi SorotanBill Gates dan Melinda Gates (Instagram/thisisbillgates)

Bill dan Melinda mengumumkan perceraian mereka pada 3 Mei setelah 27 tahun menikah. Dalam pengumuman perceraian, pasangan yang telah memiliki tiga anak itu mengatakan akan terus bekerja untuk menjalankan yayasan mereka. Mereka juga meminta publik menghormati keputusan dan privasi keduanya setelah pengumuman tersebut.

“Kami terus berbagi keyakinan pada misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami,” kata mereka.

“Kami meminta ruang dan privasi untuk keluarga kami saat kami mulai menjalani kehidupan baru ini,” lanjut mereka.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya