Siapa Mahsa Amini yang Kematiannya Sulut Protes Besar di Iran

Dia ditangkap karena tak gunakan hijab sesuai aturan

Jakarta, IDN Times - Peristiwa tewasnya perempuan muda bernama Mahsa Amini menyulut kemarahan massal di Iran. Sekadar diketahui, Mahsa Amini tewas usai tak lama ditahan oleh polisi moralitas Iran karena dianggap melanggar kebijakan hijab dan aturan berpakaian sesuai aturan syariah pemerintah setempat.

Mahsa Amini tercatat sebelumnya ditangkap karen tak menggunakan hijab sebagaimana mestinya pada 14 September 2022 lalu sekira pukul 18.30 waktu setempat di Teheran, Iran, saat tengah berjalan keluar dari stasiun kereta api Haghani bersama dengan saudara lelakinya bernama Kiarash.

1. Mahsa Amini dianiaya usai penangkapan

Siapa Mahsa Amini yang Kematiannya Sulut Protes Besar di IranMahsa Amini. Foto: Dok ist.

Seperti disitat Iran True, Rabu (21/9/2022), Mahsa Amini lalu dibawa ke tahanan Vozara dan dijanjikan bakal dibebaskan jika tak mengulang kesalahannya.

Kiarash bercerita, bukan cuma Mahsa yang diangkut, namun juga ada seorang perempuan lain yang ikut ditahan.

"Mahsa, saya dan beberapa lainnya protes ketika polisi membawa kami. Namun aparat menyuruh kami diam dengan tindakan kekerasan dan memukuli kami. Mahsa saat itu masih sadar walau dia memang dia mengatakan merasa sakit," kata dia.

Baca Juga: Di Sidang PBB, Presiden Iran Desak AS Beri Jaminan Perjanjian Nuklir

2. Ambulans datang ke gedung tahanan diduga membawa Mahsa Amini

Siapa Mahsa Amini yang Kematiannya Sulut Protes Besar di IranProtes meluas usai kematian Mahsa Amini. Foto: Aljazeera.

Lebih lanjut, Mahsa yang ketika itu menunggu di luar gedung tahanan kemudian melihat sebuah ambulans keluar dari sana. Kiarash lalu mencari tahu, hingga akhirnya mendapat kabar jika Mahsa dilarikan ke rumah sakit sampai kemudian koma beberapa hari dan meninggal.

Menurut Kiarash, dokter bilang jika Mahsa Amini mengalami serangan jantung sampai mati otak.

Baca Juga: Hubungan Iran-Israel Memburuk, PM Bennett: Rezim Iran Akan Berakhir

3. Sulut kemarahan dan protes meluas

Siapa Mahsa Amini yang Kematiannya Sulut Protes Besar di IranDemo protes kematian Mahsa Amini. Foto: Twitter.

Usai kabar kematian Mahsa, publik di Iran kemudian ramai-ramai protes. Gelombang unjukrasa ramai digelar di sejumlah titik. Lima orang kemudian dilaporkan tewas di wilayah Kurdi Iran ketika pasukan keamanan melepaskan tembakan terhadap pengunjuk rasa yang memprotes kematian Mahsa Amini.

Esmail Zarei Kousha, Gubernur Provinsi Kurdistan Barat, mengatakan kepada wartawan pada Selasa kemarin, penyelidikan hingga kini terus dilakukan atas meninggalnya para pengunjuk rasa. Namun dia menduga, ada pihak-pihak yang turut membuat panas situasi, seperti kelompok anti-revolusioner.

“Penyelidikan telah menunjukkan bahwa orang-orang ini ditembak senjata api, yang tidak digunakan oleh parat penegak kemanan di provinsi ini," katanya seperti disitat Aljazeera.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya