Comscore Tracker

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Wuih, Kapan Jakarta kayak gini ya

Seperti yang kita ketahui, Arab Saudi merupakan negara penghasil minyak bumi terbesar ke tiga di dunia setelah Amerika dan Rusia. Dengan rata-rata menghasilkan 11.59 juta barel setiap harinya, mengantarkan Arab Saudi menjadi negara kaya dan maju.

Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini, harga minyak dunia mengalami penurunan. Hal itu mendorong Arab Saudi untuk menetapkan kebijakan yang dikenal dengan Saudi Vision 2030.

Tujuan utamanya adalah mengurangi ketergantungan ekonomi negara terhadap Minyak Bumi. Salah satu proyek Saudi Vision 2030 itu adalah Neom.

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng KepalaYoutube.com/CaspianReport

Neom meruapakan kota masa depan yang direncanakan Arab Saudi. Neom akan menyulap padang pasir tandus menjadi kota metropolitan yang megah. Rencananya Neom akan dibangun dengan luas 26.500 km² dengan lokasi sejajar dengan Laut Merah dan Teluk Aqaba serta dekat dengan Terusan Suez.

Digadang-gadang akan jadi salah satu kota tercanggih di dunia, ini 9 fakta Neom yang bikin kita berdecak dan geleng-geleng kepala.

1. Neom menggunakan energi alternatif untuk memenuhi mobilitas penduduknya

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepalaarchdaily.com

Neom akan menjadi kota dagang dengan pelayanan yang serba otomatis. Neom juga hanya beroperasi dengan Tenaga Matahari dan Angin untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-harinya.

Ribuan panel surya dan turbin angin akan menghasilkan energi yang cukup untuk memasok energi regeneratif dan tentunya lebih murah. Wah, kalau gini, kamu gak bakalan merasa bersalah deh kalaupun nonton televisi seharian!

2. Kota dengan mobilitas tinggi

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng KepalaSmart Cities Expo World Forum

Sebuah jembatan lintas antar negara seharga 4 miliar yang menghubungkan Asia Barat dan Afrika juga akan di bangun di sini. Jembatan ini akan menghubungkan Arab Saudi, Mesir dan Yordania sehingga menjadi zona ekonomi swasta pertama di dunia yang menjangkau tiga negara.

Jembatan yang akan dibangun pun tidak sembarangan. Jembatan ini akan menjadi Simbol dengan desain yang artistik.

3. Menggunakan air laut sebagai air minum, kenapa tidak?

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepaladoingbusinessguide.co.uk

Bagaimana manusia menghasilkan air bersih di daerah yang tandus? Bagaimana mendapatkan bahan makanan segar di daerah kering?

Sebagian dari luas keseluruhan Neom akan dijadikan sebagai zona khusus industri. Dimana proyek pengembangan teknologi terbarukan dilangsungkan.

Salah satunya adalah sistem pertanian vertikal di lahan kering serta penyulingan air laut menjadi air yang layak konsumsi.

4. Tempat liburan yang keren

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepalaneomsaudicity.net

Dibangun di kawasan yang jarang dikunjungi karena medan yang beragam. Neom menawarkan lokasi liburan di pulau yang jarang tersentuh dimana salju dapat diharapkan di musim dingin. Neom juga menjanjikan wisata air yang menyenangkan. Menikmati indahnya lautan dangkal yang dipenuhi terumbu karang alami yang tentunya belum pernah dijamah tangan manusia.

5. Tempat pengembangan sains digital

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng KepalaCIFY

Setelah proyek ini selesai. Arab Saudi yakin akan menarik para investor dan ilmuan untuk mengadakan eksperimen penelitiannya di sini.

Hal ini diharapkan dapat memberi pencerahan baru baik di bidang medis ataupun bioteknologi.

Baca Juga: 7  Rooftop Terbaik di Dubai, Cara Unik Menikmati Kemewahan Kota

6. Pesawat dan mobil tanpa awak

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng KepalaProjectvahana.com

Pesawat tanpa awak memang sudah dikembangkan sekarang ini. Namun belum dikomersilkan untuk khalayak luas.

Di masa mendatang, Neom akan memanjakan penduduknya dengan transportasi udara publik tanpa awak. Pesawat ini akan mengantarmu ke mana pun dan kapan pun dengan cepat.

7. Lima istana megah bakal dibangun di sini

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng KepalaEasyvlaggio.com

Di zona industri senilai $500 miliar ini, rencananya akan dibangun 5 istana megah yang berjarak sekitar 150 km dari kota Tabuk.

Istana ini akan dibangun dengan arsitektur tradisional Maroko berdesain Islam, dan berhiaskan keramik berwarna. Kompleks istana ini juga akan dilengkapi dengan sebuah marina dan lapangan golf.

8. Memakan waktu lebih dari 40 tahun pengerjaan

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepalaneom.com

Sebagai proyek ambisius dan merogoh kocek yang tidak sedikit. Proses pengerjaan Neom sudah direncanakan dengan matang. Diperkirakan, pengerjaannya akan memakan waktu 30 hingga 50 tahun. Namun fase pertama akan jatuh tempo pada 2025 mendatang.

9. Digadang-gadang menjadi The Next Dubai

9 Fakta NEOM, Mega Proyek Arab Saudi yang Bikin Geleng-geleng Kepalathearabianpost.com

Dengan berdirinya Neom sebagai kota metropolitan yang digadang-gadang menjadi pusat ekonomi dunia. Tentunya bukan tidak mungkin Neom akan menyamai atau bahkan menandingi Dubai yang saat ini dikenal sebagai pusat hubungan internasional, ekonomi, pariwisata serta jasa.

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan bahwa Neom akan menjadi zona kawasan bebas, independen, dan menjanjikan kehidupan yang sekarang ini tidak tersedia di Arab Saudi.

Baca Juga: 7 Makanan Lezat ala Arab Saudi yang Wajib Kamu Coba

Rendy Brontosaurus Photo Community Writer Rendy Brontosaurus

Seorang pria telah meninggal selama ratusan tahun, bahkan jasadnya pun telah habis dimakan cacing. Tetapi tidak untuk cintanya -W. Shakespeare

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You