Pengadilan Yunani Putuskan 'Golden Dawn' sebagai Organisasi Kriminal

Puluhan ribu orang berkumpul di luar pengadilan saat putusan

Antena, IDN Times – Pengadilan Yunani pada Rabu (8/10) memutuskan partai sayap kanan Neo Nazi Golden Dawn sebagai organisasi kriminal. Putusan ini mengakhiri persidangan yang telah berlangsung selama lebih dari 5 tahun.

Partai Golden Dawn sebelumnya menerima 4 dakwaan yang meliputi kasus serangan kekerasan hingga pembunuhan.

Melansir dari Al Jazeera, puluhan ribu orang berkumpul di luar persidangan untuk mendengarkan hasil putusan hakim. Polisi yang berjaga dilaporkan sempat memberikan tembakan gas air mata dan water cannon ke arah massa aksi ketika beberapa orang melemparkan bom molotov dan batu kepada polisi. Meski demikian, secara keseluruhan aksi massa berjalan dengan damai.

Ditetapkannya Partai Golden Dawn sebagai organisasi kriminal dinilai sebagai sebuah langkah positif melawan fasisme di negara itu. Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dalam akun twitternya menyebut putusan tersebut sebagai sebuah sejarah bagi Yunani, demokrasi dan supremasi hukum.

1. Pernah menjadi partai politik ketiga terbesar di Yunani 

Pengadilan Yunani Putuskan 'Golden Dawn' sebagai Organisasi KriminalPendiri sekaligus pemimpin partai sayap kanan Golden Dawn, Nikos Michaloliakos.twitter.com/xrisiavgi1

Golden Dawn didirikan pada tahun 1985 oleh Nikos Michaloliakos dan secara resmi terdaftar sebagai partai politik pada tahun 1993. Partai sayap kanan beraliran Neo Nazi ini berjaya saat Yunani tengah dilanda krisis keuangan dimana masyarakat mulai kehilangan kepercayaan pada pemerintahan demokrasi yang dinilai gagal melindungi hak-hak mereka. Selain itu, Yunani juga tengah menghadapi krisis pengungsi dengan banyaknya imigran yang masuk ke negara itu.

Mengusung agenda anti imigran, partai Golden Dawn secara tidak langsung “menyalahkan” kehadiran imigran atas krisis yang melanda Yunani dan menuntut pemerintah untuk mengutamakan orang Yunani. Slogan-slogan mereka menuntut perubahan dalam pemerintahan pada saat itu dinilai menjanjikan.

Benar saja, pada tahun 2012, Partai Golden Dawn berhasil masuk parlemen Yunani dengan memenangkan 18 dari 300 kursi parlemen dan juga berhasil mengirim 3 deputi-nya ke parlemen Eropa. Ini menempatkan mereka di posisi ketiga terbesar partai politik di Yunani.

2. Kematian Pavlos Fyssas memicu aksi protes yang berujung dakwaan terhadap partai Golden Dawn 

Pengadilan Yunani Putuskan 'Golden Dawn' sebagai Organisasi KriminalIlustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada tahun 2013, Pavlos Fyssas atau Killah P (34), seorang musisi rap dan juga aktivis anti rasisme yang berhaluan kiri, meninggal dunia setelah seseorang diduga pengikut Golden Dawn menikamnya hingga tewas.

Orang-orang mulai melakukan aksi protes menuntut pemerintah Yunani untuk menyelidiki dugaan keterlibatan partai Goden Dawn atas kematiaan Fyssas tersebut. Sebelumnya, pada tahun 2012, partai ini juga diduga melakukan percobaan pembunuhan terhadap imigran Mesir, Abouzid Embarak.

Menanggapi aksi protes tersebut, para pemimpin Golden Dawn kemudian ditangkap dan didakwa atas kasus pembunuhan serta tuntutan untuk membubarkan partainya karna dianggap sebagai organisasi kriminal.

Melansir dari Reuters, pada awal persidangan yang diadakan bulan April 2015, Golden Dawn menolak dakwaan tersebut dan mengatakan bahwa mereka dipolitisasi.

Kasus ini telah membuat partai Golden Dawn kehilangan suara mereka. Pada pemilihan tahun lalu, mereka akhirnya gagal meraih kursi di parlemen.

3. Dinyatakan bersalah atas 4 dakwaan 

Partai Golden Dawn pada hari Rabu (7/10) dinyatakan bersalah atas 4 dakwaan dimana salah satunya menetapkan partai ini sebagai organisasi kriminal. Melansir dari AP, dalam pembacaan putusan tersebut, hanya 11 dari 68 orang terdakwa yang hadir di persidangan dan tak satupun dari mantan anggota parlemen mereka hadir.

Atas penetapan Golden Dawn sebagai organisasi kriminal, pendiri sekaligus pemimpin partai Michaloliakos serta anggota senior dalam partai dinyatakan bersalah karna telah menjalankan organisasi kriminal dan dituntut paling lama hukuman 15 tahun penjara.

Sementara itu, partai juga dinyatakan bersalah atas kasus serangan pada serikat buruh komunis dan percobaan pembunuhan pemimpin mereka, Sotiris Poulikogiannis dan imigran Mesir, Abouzid Embarak di rumahnya pada Juni 2012.

Sedangkan atas kasus pembunuhan musisi rap, Pavlos Fyssas, Giorgos Roupakias yang mengaku sebagai pengikut Golden Dawn dinyatakan bersalah dan dihukum seumur hidup.

Ibunda Fyssas, Magda Fyssa yang selalu menghadiri sidang terkait kasus kematiaan anaknya secara emosional meluapkan kelegaannya atas keadilan yang telah diputuskan pada hari Rabu (7/10), dilansir dari Al Jazeera.

Dengan segala putusan itu, pemerintah melarang dan membubarkan seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Partai Golden Dawn. Puluhan ribu orang telah menunggu di luar pengadilan dan menyambut baik atas putusan tersebut. Ini merupakan langkah positif dalam sejarah Yunani untuk melawan fasisme dan juga penegakan hukum terhadap para penguasa.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Yunani Mulai Pindahkan Pengungsi ke Kamp Sementara

Revi Jeane Photo Verified Writer Revi Jeane

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya