Comscore Tracker

Heboh Fukubukuro: Saat Ribuan Warga Jepang Berburu Tas Keberuntungan

Waralaba dunia seperti Starbucks juga ikut meramaikan 

Tokyo, IDN Times - Menyambut awal tahun, ribuan warga Jepang akan mengantre di depan pusat perbelanjaan hanya untuk mendapatkan sebuah tas. Mereka rela menunggu hingga berjam-jam karena tas yang disebut "Fukubukuro" ini memiliki sesuatu yang spesial dan unik. Tas itu juga kerap disebut tas keberuntungan. Seperti apa benda itu?

1. Fukubukuro adalah tradisi menyambut awal tahun

Heboh Fukubukuro: Saat Ribuan Warga Jepang Berburu Tas KeberuntunganTwitter.com/Inside Japan Tour

Fukubukuro adalah " Sebuah tas keberuntungan". Diberi nama demikian karena konsumen tidak tahu isi tas kain ini. Isinya bisa pakaian atau makanan, tergantung toko yang menjualnya. Awalnya, Fukubukuro dirilis ke publik oleh toko atau pusat perbelanjaan sebagai cara untuk menghabiskan sisa stok pada permulaan tahun. Namun, tas-tas itu kini menjadi kehebohan tersendiri dan paling dinanti setiap awal tahun "(Membeli Fukubukuro) seperti judi," kata Clark Lawton yang tinggal di Jepang kepada BBC.

"Saya sendiri telah membeli Fukubukuro... karena kegirangan tidak tahu apa yang ada di dalam dan peluang mendapat sesuatu lebih murah dari harga sebenarnya," imbuhnya dikutip dari BBC, Jumat (11/1)

2. Bagi banyak warga Jepang, tahun baru tidak lengkap tanpa membeli Fukubukuro

Heboh Fukubukuro: Saat Ribuan Warga Jepang Berburu Tas KeberuntunganTwitter.com/ Maya

Bagi banyak warga Jepang, tahun baru tidak lengkap tanpa membeli Fukubukuro. Penjualan Fukubukuro dimulai setiap tahun pada 1 Januari dan biasanya berlangsung hingga pekan pertama Januari atau sampai stok barang ludes. Hingga kini pusat perbelanjaan Jepang hingga waralaba dunia, seperti Starbucks dan Armani, juga mengikuti tren tersebut.

Uniknya warga jepang tidak mengetahui Awal mula tradisi Fukubukuro dibelum diketahui secara pasti mengingat ada banyak versi cerita. Tetapi ada satu versi yang menyebut bahwa Fukubukuro dimulai awal 1900 waktu pusat perbelanjaan bermunculan di Jepang. Menurut versi ini Pusat perbelanjaan, ingin menghabiskan stok barang sebelum awal tahun sehingga mereka memutuskan menjual 'tas misteri' berisi beragam barang dengan harga diskon.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Jepang, Jangan Lupa Cicipi 8 Konbini Foods Ini

3. Warga Jepang rela mengantri hingga beberapa jam demi membeli tas Fukukuburo

Heboh Fukubukuro: Saat Ribuan Warga Jepang Berburu Tas KeberuntunganTwitter.com/@yuraku_shop

Dilansir dari Flipboard, Jumat (11/1) tas tersebut dijual dengan edisi terbatas maka banyak orang rela mengantre selama beberapa jam di toko favorit mereka hanya untuk mendapatkan Fukubukuro. Tas-tas Fukubukuro kini tak lagi dipenuhi barang sembarang, tapi biasanya dipenuhi benda-benda premium yang harganya lebih mahal jika dibeli terpisah. Rentang harga satu tas Fukubukuro dimulai dari beberapa puluh ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Setiap tahun, sejumlah orang di Jepang mengunggah foto-foto Fukubukuro yang mereka dapatkan.

4. Berikut beberapa kemeriahan Fukubukuro yang di unggah di Twitter

https://www.youtube.com/embed/46mkW6EjR9E

Baca Juga: Kini Keluar dari Jepang Harus Bayar 1.000 Yen per Orang, Ada Apa?

Reynaldi Situmorang Photo Community Writer Reynaldi Situmorang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You