Ketahuan Pakai Daster, Perempuan di Desa Ini Didenda Ratusan Ribu

Kata pejabat desa, daster timbulkan masalah bagi pemakainya

Daster sudah menjadi pakaian sehari-hari bagi kaum hawa khususnya ibu rumah tangga. Model yang simple dan praktis membuat pakaian ini diminati masyarakat perkotaan maupun pedesaan, tetapi ada peraturan di beberapa desa di India yang melarang warganya megenakan daster pada siang hari. Mengapa ada aturan penggunaan daster di siang hari dan apa sanksi bagi yang melanggar? 

1. Kena denda 2000 Rupee atau sekitar Rp411 Ribu

Ketahuan Pakai Daster, Perempuan di Desa Ini Didenda Ratusan Ribupopbela.com

Dilansir dari BBC news. com, tokoh masyarakat desa di India bagian selatan, Desa Tokalapalli di negara bagian Pradesh yang di kepalai oleh seorang perempuan, melarang wanita baik muda maupun tua mengenakan daster di siang hari yakni mulai dari pukul 07:00-19:00. Jika ada yang melanggar aturan “unik” ini maka siap di denda sekitar 2.000 Rupee atau sekitar Rp411.000.

2. Sejumlah penduduk perempuan desa mengaku keberatan dengan peraturan ini

Ketahuan Pakai Daster, Perempuan di Desa Ini Didenda Ratusan Ribulivemint.com

Baca Juga: India Blokir 800 Situs Dewasa, Pemilik Situs Porno Justru Menentangnya

Sejumlah penduduk perempuan mengaku keberatan dengan peraturan baru ini, tetapi mereka terpaksa mematuhi untuk menghindari denda. Denda tersebut sangat berarti bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan. Untuk mengawal peraturan ini, para informan akan diberi hadiah setengah dari nilai denda atau sekitar 1000 Rupee atau sekitar Rp205.000.

3. Peraturan ini dibuat karena mengenakan daster di luar rumah dapat mendatangkan masalah pada penggunanya

Ketahuan Pakai Daster, Perempuan di Desa Ini Didenda Ratusan Ribulandesa.org

Aturan ini dibuat pihak desa ini untuk menghentikan wanita memperlihatkan anggota tubuhnya. “ Tidak masalah mengenakan daster di rumah, tetapi memakainya di luar rumah, dapat menarik perhatian dan membuat pemakainya dalam masalah” kata Balle Vishu Murthy, salah satu pejabat Desa. Seperti yagn di kutip dari BBC News.com

4. Bukan yang pertama kalinya diterapkan

Ketahuan Pakai Daster, Perempuan di Desa Ini Didenda Ratusan Ribulivemint.com

Ini bukan kali pertama, tahun 2014 larangan yang sama pernah muncul di sebuah desa dekat Mumbai. Wanita yang mengenakan daster dinyatakan sebagai perbuatan yang tidak sopan, tetapi peraturan itu hilang begitu saja.

Baca Juga: 36 Siswi India Dianiaya Usai Protes Soal Pelecehan Seksual

Reynaldi Situmorang Photo Writer Reynaldi Situmorang

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya