Taiwan Berikan Bantuan 200 Mesin Penghasil Oksigen ke Indonesia

Untuk membantu Indonesia memerangi COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Luar Negerinya memberikan bantuan 200 mesin penghasil oksigen kepada Indonesia. Bantuan tersebut dalam rangka menolong Pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemik COVID-19.

Bantuan dari Kementerian Luar Negeri Taiwan tersebut telah tiba di Indonesia pada Senin 12 Juli 2021 lalu.

"Kami harap bantuan 200 mesin penghasil oksigen ini dapat meringankan kebutuhan mendesak akan pasokan mesin oksigen di rumah sakit lokal di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Departemen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Taiwan, Larry R L Tseng, dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Rabu (14/7/2021).

1. Bentuk kebijakan baru dari Pemerintah Taiwan

Taiwan Berikan Bantuan 200 Mesin Penghasil Oksigen ke IndonesiaKota Taipei, Taiwan (Dok. TETO)

Bantuan 200 mesin penghasil oksigen tersebut sejalan dengan Kebijakan Baru ke Arah Selatan yang berorientasi pada kemanusiaan dan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam memerangi pandemik COVID-19.

Selain itu, bantuan tersebut juga sebagai perwujudan aksi peduli kemanusiaan dan persahabatan yang erat antara Taiwan dan Indonesia.

Baca Juga: Bantuan Oksigen dari Singapura Tiba di Indonesia

2. Bantuan Pemerintah Taiwan bakal dimaksimalkan Pemerintah Indonesia

Taiwan Berikan Bantuan 200 Mesin Penghasil Oksigen ke IndonesiaDirektur Jenderal Departemen Asia-Pasifik Kementerian Luar Negeri Taiwan, Bapak Larry R. L. Tseng, dan perwakilan Indonesia untuk Taiwan, Bapak Budi Santoso, meninjau bersama pengiriman 200 mesin penghasil oksigen yang disumbangkan Taiwan ke Indonesia pada 8 Juli 2021. (dok. TETO)

Sementara itu, perwakilan Indonesia untuk Taiwan, Budi Santoso, menyatakan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Taiwan atas bantuan 200 mesin penghasil oksigen tersebut.

Selain itu, Budi memastikan bantuan tersebut bakal digunakan semaksimal mungkin untuk menolong masyarakat terdampak COVID-19 di Indonesia.

"Pemerintah Indonesia akan mengalokasikan mesin penghasil oksigen tersebut dengan sebaik-baiknya dan memastikan kebaikan Taiwan dapat dirasakan oleh semua orang," ujar dia.

3. Pandemik COVID-19 buat hubungan bilateral Indonesia-Taiwan makin erat

Taiwan Berikan Bantuan 200 Mesin Penghasil Oksigen ke Indonesia(kanan) Wakil Menteri Luar Negeri Taiwan, Bapak Tien, Chung-kwang, dan (Kiri) perwakilan Indonesia untuk Taiwan, Bapak Budi Santoso, berfoto bersama pada acara penyerahan mesin penghasil oksigen. (dok. TETO)

Hubungan bilateral Taiwan dan Indonesia telah terjalin erat dalam bidang ekonomi dan perdagangan, investasi, pertanian dan perikanan, pendidikan, serta perawatan kesehatan.

Kedua belah pihak merupakan mitra pembangunan penting di kawasan Asia. Di saat Indonesia menghadapi situasi pandemi yang paling sulit, Taiwan bersedia memberikan bantuan dan berbagi pengalaman mengatasi pandemik COVID-19.

Pemerintah Taiwan juga terus bergandengan tangan dengan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi tantangan dari COVID-19 dan mengatasi kesulitan yang ada dalam waktu tepat.

Baca Juga: 40 Ribu Konsentrator Oksigen Impor Bakal Disebar ke Perumahan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya