Comscore Tracker

Cegah COVID-19, Kampus di Jepang Gelar Wisuda Virtual Pakai Robot

Ini diklaim wisuda virtual pertama di dunia 

Jakarta, IDN Times - Pandemi virus corona tidak menjadi penghalang bagi sebuah universitas di Jepang menggelar acara wisuda. Namun, proses wisudanya digelar dengan cara yang unik. 

Alih-alih para mahasiswa yang lulus hadir secara fisik, pihak kampus menggelar wisuda secara virtual dengan menggunakan robot. Wisuda digelar oleh Bussiness Breakthrough University ( BBT University), sebuah universitas di Tokyo, Jepang. Mereka menggunakan robot sebagai perwakilan para wisudawan. Namun, di wajah robot itu terdapat layar yang memperlihatkan mahasiswa tengah mengikuti wisuda secara virtual. Acara wisuda itu digelar di Hotel Grand Palace pada Sabtu (28/3) lalu. 

Wisuda virtual ini akhirnya menjadi viral di media sosial. Robot apa yang mereka gunakan untuk wisuda tersebut?

1. Robot yang digunakan bernama "newme", yang dikembangkan oleh ANA Holdings

Cegah COVID-19, Kampus di Jepang Gelar Wisuda Virtual Pakai Robotbbt.ac

Menurut situs resmi web BBT University, pihak kampus melakukan kerjasama khusus dengan ANA Holdings dan membuat avatar komunikasi baru bernama "newme". Hasil dari kerja sama itu kemudian dikenalkan ke para mahasiswa. 

"Newme" memiliki tablet sebagai wajah dan bergerak dengan kaki roda empat. Ketika moderator memanggil nama wisudawan, maka robot newme akan maju di mana di tablet terlihat wajah wisudawan. 

Supaya terkesan tengah dalam seremoni wisuda, maka robot newme juga diberikan baju dan toga dari BBT University. Tidak hanya itu, Newme juga memiliki lengan untuk menerima sertifikat  yang diserahkan oleh Presiden Univerisity, Omae Kenichi. 

Baca Juga: Pria Jepang Terinfeksi Virus Corona, Ia Pernah Berkunjung ke Indonesia

2. Wisuda virtual dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom

Cegah COVID-19, Kampus di Jepang Gelar Wisuda Virtual Pakai Robotbbt.ac

Dalam wisuda yang digelar akhir Maret lalu, ada empat mahasiswa yang dinyatakan lulus. Dua orang lulus dari program sarjana dan dua orang lainnya dari program pasca sarjana. Keempatnya merupakan perwakilan mahasiswa yang mengoperasikan robot newme dari rumah. 

Sementara, wisudawan lain dapat menyaksikan wisuda online ini melalui aplikasi Zoom. Melalui aplikasi tersebut, para wisudawan juga dapat memberikan ucapan terima kasih dan komentar secara langsung.

3. Wisuda virtual bisa jadi terobosan di dunia pendidikan

Cegah COVID-19, Kampus di Jepang Gelar Wisuda Virtual Pakai Robotbbt.ac

Dekan Administrasi Bisnis Global, Fakultas Administrasi Bisnis, BBT University, Profesor Shugo Yanaka berharap dengan adanya terobosan ini bisa memberikan manfaat kepada lembaga pendidikan yang kesulitan melakukan upacara wisuda. Robot newme dan kegiatan virtual lainnya juga dapat dimanfaatkan untuk penerimaan mahasiswa baru. 

BBT University mengklaim seremoni wisuda akhir Maret lalu menjadi wisuda pertama kali yang digelar di dunia dengan melibatkan robot dan dilakukan secara virtual. 

Gimana menurut pendapat kalian, guys?

Baca Juga: Perdana Kunjungi Jakarta, Ini Lima Keistimewaan Robot Sosial Sophia

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya