Jadi "Bintang" Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda?

Yang pasti, Mario bukan orang sembarang

Tanggal 2 Mei 2016 ini, Google Doodle mengubah penampilannya guna memperingati hari kelahiran Mario Miranda yang ke-90. Mungkin banyak dari kita yang masih bertanya-tanya, siapakah Mario Miranda yang namanya masuk dalam Google Doodle hari ini?

Yang pasti dia bukan orang sembarang. Mario Miranda masuk dalam deretan orang-orang hebat yang berkontribusi penting bagi dunia. Berikut adalah fakta-fakta mengenai Mario Miranda.

1. Mario Miranda punya nama lengkap yang cukup panjang.

Jadi Bintang Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda? Sumber Gambar: indianexpress.com

Dilahirkan pada 2 Mei 1926, Mario Miranda memiliki nama lengkap cukup panjang, yaitu Padma Vibhushan Mario Joao Carlos do Rosario de Brito Miranda. Dia merupakan seorang kartunis asal India dan juga pelukis terkenal.

2. Mario Miranda mengawali karir di Times of India sebagai kartunis.

Jadi Bintang Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda? Sumber Gambar: youtube.com

Debutnya sebagai kartunis dimulai saat hasil karyanya ditampilkan di majalah The Ilustrated Weekly of India. Miranda pun bekerja sebagai kartunis untuk Times of India dan menciptakan tokoh Miss Nimbupani dan Miss Fonseca yang rutin muncul di Femina serta Economic Times.

Baca Juga: Berencana Blokir 15 Game, Situs KPAI Malah Diretas Hackers.

3. Mario Miranda menuangkan ilustrasi mengenai masyarakat di sekitarnya.

Jadi Bintang Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda? Sumber gambar: mariodemiranda.com

Mulanya, karya-karya Miranda hanya berupa vinyet (salah satu jenis seni grafik) yang bercerita mengenai ilustrasi kehidupan penduduk berbagai desa di Goa, wilayah pesisir barat India. Namun setelah itu, kartun karya Miranda mulai dikenal dunia mulai dari 1974. Saat itu, dia diundang ke Amerika Serikat sehingga dia bisa mempromosikan karyanya dan berinteraksi dengan berbagai kartunis lain.

4. Mario Miranda sempat bekerja sama dengan tokoh-tokoh terkenal.

Jadi Bintang Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda? Sumber Gambar: tokohpenemu.blogspot.com

Miranda juga sempat membuat karya bersama dengan pencipta tokoh Peanuts, Charles M. Schulz, serta Herblock, seorang kartunis editorial untuk Washington Post. Dalam perjalanan karirnya, Miranda meraih berbagai penghargaan atas karya-karyanya, seperti Padma Shri pada 1988, Padma Bushan pada 2002 dan penghargaan pencapaian seumur hidup dari Organisasi Kartunis Seluruh India.

5. Mario Miranda terkenal berkat karya mural Kafe Mondegar.

Jadi Bintang Google Doodle Hari Ini, Siapakah Sosok Mario Miranda? Sumber gambar: miss-wanderlust.com

Satu hasil karya yang paling menonjol dan bisa dinikmati hingga sekarang adalah karya mural ciptaanya. Miranda melukis di dinding kafe Mondegar, yang merupakan restoran dan bar paling ikonik di Mumbai, India. Pameran tunggal karya Miranda telah ditampilkan di lebih dari 22 negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Brasil, Australia, Singapura, Perancis, Yugoslavia dan Portugal.

Baca Juga: WOW, Datsun Luncurkan Mobil Super Murah Hanya Seharga Rp 50 Juta-an!

Topik:

Berita Terkini Lainnya