Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa Meksiko

Korban diperkirakan bisa mencapai 1000

Benua Amerika akhir-akhir ini semakin sering dilanda bencana. Setelah sebelumnya badai dan banjir bandang di Amerika Serikat, kini giliran gempa berkekuatan 7,1 skala richter melanda Meksiko. Gempa tersebut terjadi pada hari Selasa 19 September 2017 kemarin. Gempa tersebut menyebabkan banyak bangunan runtuh dan membunuh ratusan orang. Berikut adalah fakta-fakta terkait gempa yang melanda salah satu negara di benua Amerika tersebut.

1. Terjadi saat warga baru saja melakukan latihan penyelamatan gempa.

Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa MeksikoFoxnews.com

Dua minggu sebelum terjadinya gempa mematikan di negara itu, warga setempat baru saja melakukan latihan penyelamatan gempa. Siapa yang menyangka bahwa beberapa hari setelahnya, gempa yang asli betul-betul datang! Gempa hebat dengan kekuatan yang mengerikan ini langsung membuat dinding bangunan warga setempat runtuh. Sejumlah penduduk pun panik melarikan diri ke jalanan. Bahkan, gempa ini mengakibatkan kebakaran dan kebocoran gas di berbagai tempat.

2. Sebanyak 139 orang dilaporkan tewas dalam bencana ini.

Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa Meksikoabcnews.go.com

Menurut data dari pejabat setempat, sedikitnya 139 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam ini yang terjadi di Mexico City ini. Rinciannya, 64 korban berasal dari wilayah Morelos selatan, 29 di negara bagian Puebla, satu di negara bagian Guerrero, sembilan di negara bagian Meksiko dekat ibukota, serta 36 sisanya tewas di pusat kota.

3. Gempa ini membuat 44 bangunan runtuh.

Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa Meksikonbcnews.com

Sejumlah warga mengaku khawatir banyak orang yang terkubur di bawah reruntuhan. Pasalnya, lebih dari 44 bangunan dikabarkan roboh, menurut keterangan Walikota Miguel Alvarez. Ratusan orang berkumpul untuk mencari keluarganya yang terjebak. Setidaknya dua bangunan apartemen bertingkat ambruk dan diduga puluhan orang berada di dalamnya. "Teman-temanku tinggal di sana," ujar Victor Arrecha, (25), salah satu penghuni apatermen di wilahan setempat.

Baca juga: Indonesia Berduka: Kumpulan Fakta Terkini Tentang Gempa Aceh Pagi Ini.

4. Terjadi saat dini hari.

Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa Meksikonews.com.au

Korban lainnya bernama Marisela Avila Gomez, (58), berkata, "seluruh rumahku penuh dengan darah." Suaminya, Francisco Vicente Lozada Garcia, (55), tidak berada di sampingnya karena terjebak kemacetan lalu lintas. Jalanan macet dimana-mana karena banyak bangunan yang roboh. Sebuah Lembaga Survei Geologi A.S. menduga gempa tersebut berpusat 76 mil sebelah tenggara ibu kota Meksiko. Awal gempa diduga terjadi pada pukul pukul 1.14 dini hari.

5. Kerugian ditaksir mencapai US$ 1 miliar.

Tewaskan Ratusan Orang, Ini 5 Fakta tentang Gempa Meksikort.com

Lembaga Penelitian Meksiko USGS memperkirakan gempa ini menyebabkan kerugian ekonomi senilai US$ 100 juta hingga US$ 1 miliar. Selain itu, jumlah korban yang diumumkan saat ini menurut mereka masih belum pasti. USGS menduga jumlah korban jiwa dalam bencana ini bisa mencapai 1.000 orang.

Baca juga: Akibat Gempa Aceh, Pengantin Baru Ini Memilih Bulan Madu di Pengungsian.

Topik:

Berita Terkini Lainnya