Unik dan Heroik, Begini Cara Warga Houston Selamatkan Korban Badai

Aksi heroik yang menyentuh.

Badai dan hujan yang terjadi sejak pekan lalu, membuat para penduduk Houston, Amerika Serikat berada dalam status krisis. Jalan-jalan di Houston menjadi lebih berbahaya dari sebelumnya. Bahkan, seorang pria tua dilaporkan terendam dan terjebak banjir di dalam mobilnya sendiri. Lalu apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya?

Unik dan Heroik, Begini Cara Warga Houston Selamatkan Korban Badaiboredpanda.com

Sebuah video beredar di media sosial menunjukkan bagaimana sejumlah orang bergotong royong membentuk “rantai manusia” agar bisa menyelamatkan pria malang tersebut. Mereka bergandengan tangan di tengah banjir untuk dapat menjangkau mobil pria tersebut.

Seorang saksi mata bernama Stephanie Edward Mata, melihat sendiri bagaimana pria yang terjebak dalam mobil tersebut akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat. Dia mengaku tidak tahu bagaimana nasib pria tua yang tidak diketahui identitasnya itu setelah diselamatkan. Tapi, dia sangat mengapresiasi aksi rantai manusia tersebut yang mampu meminimalisir jumlah korban akibat bencana dahsyat ini.

Rantai manusia juga membantu seorang wanita hamil keluar dari rumahnya.

Unik dan Heroik, Begini Cara Warga Houston Selamatkan Korban Badaiindependent.co.uk

Sementara itu, ada video lain di wilayah Houston yang menunjukan penduduk setempat membuat rantai manusia untuk membantu menyelamatkan seorang wanita dari lokasi banjir. Wanita bernama Annie Smith itu terjebak di tengah Badai Houtson di rumahnya sendiri. Wanita itu tengah dalam kondisi hamil dan akan melahirkan.

Suami Smith, Greg Smith, yang panik telah menghubungi 911 namun bantuan tidak segera datang. Bahkan, pria ini sampai menghubungi anggota komplek apartemen mereka untuk menanyakan apakah ada penduduk yang ahli kandungan atau perawat. Dari sinilah hati para tetangga Smith tergerak.

Baca juga: Bersiap Hadapi Bencana Banjir, Warga Grogol Bersatu dalam Keberagaman. 

Mereka bahu membahu membentuk rantai manusia untuk mengeluarkan wanita yang sedang hamil itu untuk ke rumah sakit dan menjalani persalinan. Tak lama berselang, petugas darurat Houston Fire Department datang dan membawa suami-istri tersebut dengan aman ke truk pekerja darurat. Berkat aksi heroik tersebut, kini si wanita dan bayinya berhasil diselamatkan.

38 nyawa telah melayang akibat badai ini.

Unik dan Heroik, Begini Cara Warga Houston Selamatkan Korban BadaiMark Mulligan/Motherjones.com

Diperkirakan, Houston telah diguyur lebih dari 19 miliar galon hujan sejak 26 Agustus 2017. Tercatat, sebanyak 38 kematian telah dikonfirmasi oleh pusat pendataan korban bencana alam setempat. Kisah penyelamatan rantai manusia ini bisa menjadi acuan bagi penduduk setempat untuk berinisiatif menyelamatkan saudara mereka yang berada dalam kondisi bahaya.

Baca juga: Pray for Garut: Tercatat 23 Orang Tewas Dalam Bencana Banjir Bandang di Garut.

Topik:

Berita Terkini Lainnya