Berkah Ramadan, Sampah Bisa Ditukar Makanan

Ide unik yang menginspirasi.

Ketahanan pangan dan sampah menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi oleh berbagai negara selama ini. Namun, ada sebuah ide unik yang ditawarkan Uni Emirat Arab guna mengatasi dua masalah tersebut.

Selama Ramadan, Departemen Pengelolaan Sampah Kota Dubai membuat sebuah komunitas yang disebut "Recover The Value of Your Waste". Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya minimalisasi limbah melalui pemilahan material daur ulang yang tepat. Di sisi lain, gerakan ini juga mampu menjadi ajang berbagi makanan di bulan puasa.

Berkah Ramadan, Sampah Bisa Ditukar Makanankhaleejtimes.com

Dikutip dari laman Gulfnews.com, (15/6), masyarakat UEA yang ingin mengikuti gerakan ini cukup datang ke kantor Emirates Cooperative Society di Al Tawar 3, Dubai. Mereka bisa menyerahkan sampah yang bisa didaur ulang untuk ditukar dengan kupon makanan.

Agar masyarakat rajin memilah sampah.

Berkah Ramadan, Sampah Bisa Ditukar Makananconstructionweekonline.com

Pemerintah lokal mengklaim bahwa fase ini penting guna mengurangi polusi, melestarikan sumber daya dan mengalihkan sebagian besar limbah ke tempat pembuangan akhir. Inisiatif ini akan terus berlanjut sampai akhir bulan suci Ramadhan. Salah seorang yang pencetus ide ini adalah Asisten Direktur Jenderal Kota Dubai Bidang Lingkungan dan Pelayanan Kesehatan, Talib Julfar. 

Baca Juga: Tak Selalu Mewah, Kehidupan Pangeran Dubai Ini Bakal Bikin Kamu Respect. 

Julfar menegaskan bahwa program ini adalah simbol inisiatif untuk membangun budaya pemilahan sampah. Tujuan utamanya adalah para pengunjung pusat perbelanjaan dan pasar.

Demi masa depan yang lebih baik.

Berkah Ramadan, Sampah Bisa Ditukar Makanandwyfor.com

Dengan cara ini, pemerintah setempat berharap masyarakat akan sadar serta mereka bisa berkontribusi untuk mengatasi masalah limbah. Tujuan akhirnya tentu untuk menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan saat ini dan di masa yang akan datang.

Baca Juga: 33 Hal yang Pasti Bikin Kamu Melongo Ini "Cuma" Pemandangan Sehari-hari di Dubai!

Topik:

Berita Terkini Lainnya