Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki

Perhatian: Artikel ini mengandung gambar dan video yang bersifat sadis

Kota Ankara, Turki menjadi saksi bisu tempat kematian Andrey Karlov, Duta Besar Rusia yang tewas ditembak. Dia adalah sosok diplomat senior lintas zaman. Kematian Karlov ini diperkirakan bakal memberikan dampak buruk bagi Turki.

Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki Burhan Ozbilici/AP via Courir Mail

Dikutip Telegraph.co.uk, (20/12), keterlibatan Rusia di Suriah, khususnya Aleppo, diduga menjadi latar belakang penembakan itu. Sebab, sang penyerang sebelum melepaskan tembakan meneriakkan slogan-slogan terkait nasib anak-anak yang terbunuh di Aleppo.

Pembunuhan ini sendiri dilakukan di pusat seni dan budaya di distrik Cankaya, Ankara. Kawasan ini seharusnya merupakan daerah dengan pengamanan maksimum di ibu kota Turki ini. Pasalnya, dalam radius 50 meter dari tempat kejadian terdapat kantor kedubes AS, Jerman, dan Austria.

Kronologi kejadian penembakan terhadap Duta Besar Rusia.

Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki Burhan Ozbilici/AP via Courir Mail

Siapa yang menyangka bahwa pria berpakaian jas rapi itu berdiri di belakang Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov menjadi dalang di balik pembunuhan sadis ini. Saat Andrey sedang menyampaikan sambutan pembukaan pameran di sebuah galeri di Ankara, Senin 19 Desember 2016 tiba-tiba pria itu mengeluarkan pistol dan menembakkan sekitar delapan peluru ke arah Sang Dubes.

Baca Juga: Seorang Guru di Suriah Kirim Pesan ke Seluruh Dunia Kalau Dia Bisa Mati Kapan Saja

Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki AP via Daily Mail

Pelaku juga meneriakkan Rusia akan menghadapi aksi balas dendam untuk Suriah. Dilansir The Guardian, pelaku dilaporkan teridentifikasi sebagai Mevlut Mert Altintas. Pria 22 tahun itu adalah mantan polisi Turki yang dipecat pasca penyelidikan atas kudeta 15 Juli 2016 lalu yang gagal menggulingkan rezim.

Selain itu, pelaku juga sebelumnya pernah bergabung dalam pasukan anti huru-hara di Ankara. Pelaku diduga terkait dengan organisasi FETO yang dikaitkan dengan Fethullah Gulen. Pria yang diduga masuk ke galeri dengan menyamar sebagai polisi dan menggunakan identitas palsu. Namun, sang pelaku sendiri juga kemudian tewas di tangan aparat di lokasi kejadian.

Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki AP via Daily Mail

Identitas pelaku diperkuat pernyataan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu yang mengatakan, pria itu pernah bekerja dalam kesatuan polisi anti huru-hara selama 2,5 tahun. Aparat Turki kemudian bergegas untuk menahan ibu, saudari, dan teman sekamar Altintas untuk menjalani pemeriksaan.

Sosok Pelaku di Balik Penembakan Sadis Duta Besar Rusia di Turki AP via Daily Mail

Aksi sadis Altintas diabadikan dalam video dan foto yang diambil dari lokasi kejadian. Pelaku juga sempat memerintahkan orang-orang yang ada di galeri untuk mundur, dalam Bahasa Turki, sembari mengacungkan senjata.

Perhatian: Video berikut mengandung tayangan yang bersifat sadis. 

Video penembakan sadis Duta Besar Rusia untuk Turki:

Tinggal di Bawah Tanah, Anak Yatim Aleppo Kirim Pesan Melalui Video

Topik:

Berita Terkini Lainnya